Jumat, 16 Sep 2016 17:04 WIB

Kehilangan Gairah, Benarkah Makanan Saja Cukup untuk Membangkitkannya?

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Foto: iStock
Jakarta - Banyak yang meyakini jika konsumsi makanan afrodisiak dapat membangkitkan gairah seks pasangan suami istri. Tetapi percayakah Anda jika ini sebenarnya hanya sugesti?

Darius A Paduch, MD, PhD, direktur kesehatan seksual dari Weill Cornell Medical College mengatakan manfaat makanan afrodisiak bagi pasangan telah diyakini sejak lama sehingga menguatkan kesan jika makanan ini memang efektif meningkatkan kehidupan seksual pasangan.

"Sudah lama dikatakan jika makanan ini bisa membuat Anda 'on', dan Anda mempercayainya. Dan ketika Anda percaya, ini menjadikannya nyata," terang Paduch seperti dilaporkan Ask Men.

Bahkan lanjut Paduch, jangankan makanan, efektivitas obat perangsang seperti Viagra saja sebenarnya terletak pada efek plasebo semata. Artinya, karena orang sudah lama percaya bahwa obat ini bisa membangkitkan gairah seksual mereka, maka obat ini menjadi efektif.

Kalaupun hal ini tidak terbukti benar, makanan afrodisiak biasanya terdiri atas makanan yang menyehatkan atau mengandung nutrisi tertentu, sehingga bagi sebagian orang hal ini bisa saja berdampak pada libido atau kemampuan reproduksinya.

Beberapa jenis makanan yang diyakini dapat memaksimalkan performa seks pasangan, di antaranya:

Baca juga: Seberapa Efektif Konsumsi Afrodisiak untuk Tingkatkan Gairah Bercinta?

1. Seafood
Ahli nutrisi Jaime Mass, MS, RD, LD/N mengungkapkan, coklat dan seafood seperti tiram dan kerang sarat akan L-arginine, salah satu jenis asam amino yang dikaitkan dengan ereksi yang tahan lama. "Sebab nitrit oksida yang dihasilkan asam amino ini akan membantu merilekskan pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lancar, termasuk ke kemaluan," terangnya.

Khusus tiram, makanan laut ini diyakini juga kaya akan zinc yang telah lama dikenal berdampak positif bagi libido pria. Lagipula sebuah studi juga mengungkap, kekurangan zinc bisa mengakibatkan impotensi.

2. Kacang-kacangan
Sejak dahulu kala, beragam jenis kacang telah digunakan sebagai afrodisiak. Buah kenari telah diyakini sejak jaman kerajaan Romawi mampu menambah kesuburan. Sebagian orang juga percaya aroma kacang tertentu seperti almond dapat membuat wanita 'bergairah'. Beberapa di antaranya juga kaya akan zinc.

Sedangkan kacang Ginkgo telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional China untuk memunculkan gairah pasangan. Apalagi kacang ini juga diketahui sebagai antioksidan yang menjadikannya ampuh dalam mengatur sirkulasi darah.

3. Steak dan telur
"Jika sampai kolesterol kita turun karena menolak makan lemak, yang menderita adalah libido kita. Ini karena kolesterol sangat dibutuhkan dalam produksi hormon, termasuk testosterone," ungkap Mass.

Selain itu, steak dan telur juga mengandung zinc seperti halnya seafood. Tetapi ada baiknya memang tidak mengonsumsi steak secara berlebihan.

4. Blueberi dan delima
Kedua buah ini berfungsi sebagai antioksidan yang menjaga agar dinding pembuluh darah tetap sehat. Ini ada kaitannya dengan ereksi dan munculnya gairah seksual secara konsisten.

Di tahun 2009, sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Sexual Medicine juga mengutarakan, wanita yang minum segelas anggur merah (yang kaya akan antioksidan bernama polifenol) setiap harinya, memiliki gairah seksual yang lebih tinggi dibanding yang tidak pernah minum.

Baca juga: Ingin Manfaatkan Makanan untuk Foreplay? Perhatikan Dulu Hal Ini

Namun ada dua jenis makanan atau minuman yang banyak disalahpahami sebagai afrodisiak, yaitu kopi dan coklat. Kopi mengandung kafein yang sebenarnya hanya bisa meningkatkan kewaspadaan seseorang, tetapi ia sering disalahartikan sebagai pembangkit gairah seksual.

Sedangkan coklat pernah dikatakan mengandung phenylethylamine, sebuah senyawa yang dapat melepaskan endorfin atau hormon kegembiraan ke tubuh. Tetapi dalam studi berikutnya hal ini justru tidak terbukti. Lagipula coklat juga hanya dipastikan mengandung kafein saja. (lll/up)