Minggu, 15 Jan 2017 17:05 WIB

5 Alasan Mengapa Bercinta Penting dalam Kehidupan Rumah Tangga

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: ilustrasi/thinkstock Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Aktivitas seksual antara suami istri memiliki peran lebih selain fungsi reproduksi saja. Kegiatan ini bisa jadi tanda ekspresi cinta bagi sebagian besar pasangan, sehingga tidak heran ketika ada masalah di dalamnya kekhawatiran pun muncul.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut beberapa alasan mengapa bercinta penting dalam menjaga agar hubungan tetap harmonis:

Baca juga: Manfaat Bercinta di Pagi Hari, Istri Makin Cantik dan Suami Tahan Lama

1. Menjaga asmara

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya aktivitas seks bagi sebagian besar pasangan bisa jadi tanda ekspresi cinta. Alasannya karena dengan bercinta suami istri dapat jadi lebih dekat tidak hanya secara fisik tetapi juga secara emosi.

Pengalaman bercinta yang baik dapat berdampak baik juga dalam suatu hubungan. Bagi suami istri hal ini dapat menjaga agar asmara di antara mereka tidak padam.

2. Jauhkan stres

Dalam hidup yang dipenuhi tantangan tidak jarang stres menghampiri. Nah bercinta dengan pasangan dapat menjadi obat mujarab untuk mengurangi sebagian stres tersebut dan membuat tubuh rileks.

Sehabis bercinta bicarakan juga dengan pasangan hal-hal apa saja yang mungkin membebani pikiran sehingga emosi bisa lebih 'lega' lagi.

3. Tetap bergairah

Meski hubungan antara suami istri sudah baik terkadang tetap bisa ada keabsenan gairah. Nah sebelum hal itu terjadi aktivitas seks yang rutin dapat menjaga gairah tetap tinggi karena dapat mendorong produksi hormon oksitosin dalam tubuh.

Hormon oksitosin sering disebut juga sebagai hormon cinta dan dapat membuat pasangan semakin mencintai satu sama lain.

4. Seimbangkan hormon

Tahukah Anda bahwa dengan bercinta kadar beberapa hormon di dalam tubuh dapat dibuat seimbang? Seperti sudah dijelaskan sebelumnya ketika tubuh bercinta terdapat peningkatan hormon oksitosin yang merupakan lawan dari hormon stres kortisol.

Itulah mengapa disebut bahwa bercinta dapat jadi cara untuk melawan stres. Dengan kadar hormon stres terjaga emosi ikut seimbang sehingga hubungan juga baik.

5. Ada manfaat kesehatan

Pasangan yang bahagia secara mental maka dapat berdampak baik juga untuk kesehatan fisiknya. Beberapa studi secara spesifik bahkan menyebut bahwa seks yang rutin dapat menjaga fungsi otak, meningkatkan imunitas tubuh, dan melawan penuaan.

Oleh karena itu para ahli sering menyarankan agar mereka yang sudah lansia juga jangan mau kalah dengan para pasangan muda.

Baca juga: Aktif Bercinta di Usia Senja, Kunci Panjang Umur Penduduk Pulau Ini

(fds/vit)