Jumat, 02 Jun 2017 19:41 WIB

Survei: Sebelum Akhirnya Istri Hamil, Rata-rata Pasutri Bercinta 78 Kali

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Frekuensi bercinta turut menentukan kemungkinan hamil. Survei baru-baru ini pun menemukan berapa kali rata-rata pasangan bercinta hingga akhirnya istri positif hamil.

Sebuah survei yang dilakukan Channel Mum menemukan bahwa pasangan sering bercinta hingga akhirnya sang istri hamil. Sebanyak 1.194 pasangan dilibatkan dalam survei ini dan diketahui rata-rata pasangan bercinta 78 kali sebelum akhirnya si istri hamil.

"Rata-rata pasangan bercinta 13 kali sebulan dan separuh responden mengaku bercinta lebih sering ketika mereka sedang merencanakan kehamilan. Kami menemukan hanya 5 persen pasangan yang kemudian punya momongan setelah bercinta sekali," tutur founder Channel Mum Siobhan Freegard kepada Fit Pregnancy.

Baca juga: Ibu Hamil Diminta Tak Sering Bermain Ponsel, Ini Sebabnya

Kemudian, diketahui pula satu dari 16 wanita bahkan menjadwalkan liburan untuk merencanakan kehamilan. Freegard menambahkan, meski kadang merencanakan kehamilan bisa menyenangkan, beberapa pasangan bisa merasa kesulitan dalam melakukannya.

dr Yassin Yanuar, SpOG, MSc, dari RS Pondok Indah - Puri Indah, mengatakan infertilitas atau kemandulan bisa terjadi pada setiap pasangan. Jika sudah menikah satu tahun atau lebih dan belum juga memiliki anak, dokter mengatakan tidak ada salahnya memeriksakan diri ke dokter.

"Jadi definisi infertilitas adalah ketidakmampuan satu pasangan untuk mendapatkan kehamilan setelah melakukan hubungan seksual teratur dan tepat selama 1 tahun tanpa kontrasepsi," tutur dr Yassin.

Dijelaskan dr Yassin bahwa berbagai penelitian membuktikan 85 persen pasangan akan mengalami kehamilan pada satu tahun pernikahan. Kemungkinan hamil juga akan meningkat setelah tahun kedua, menjadi 92 persen.

"Jadi bisa disimpulkan ada 10-15 persen pasangan yang mengalami infertilitas. Karena itu batasnya satu tahun. Jika satu tahun tidak hamil kemungkinan besar tandanya ada masalah kesuburan, bisa di wanita, bisa di pria," tambahnya.

Baca juga: 9 Hal yang Membuat Perempuan Susah Hamil (rdn/up)
News Feed