Senin, 28 Jan 2019 19:24 WIB

Pilih Langsung Tidur atau Bercinta Malam Ini? Pertimbangkan Untung Ruginya

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Langsung tidur atau bercinta? Masing-masing ada manfaatnya. (Foto: iStock) Langsung tidur atau bercinta? Masing-masing ada manfaatnya. (Foto: iStock)
Jakarta - Pernahkah kamu merasa dilema saat malam hari datang, apakah ingin tidur atau bercinta dengan pasangan? Biasanya dilema ini diikuti dengan pertimbangan, bila bercinta maka berisiko kurang tidur dan mengganggu esok hari.

Kurang tidur juga bisa meningkatkan risiko berat badan naik dan membahayakan imun tubuh selama beberapa waktu. Sehingga cukup normal jika kebanyakan orang memilih tidur ketimbang bercinta.

Namun bercinta juga tak kalah menariknya, apalagi aktivitas satu ini juga punya manfaat tersendiri. Misalnya, menyingkirkan stres dan membantu menguatkan hubungan dengan pasangan. Lalu bagaimana, pilih tidur atau bercinta malam ini?



"Kami berbicara pada para ahli dan menemukan bahwa jawabannya adalah keduanya. Jika kamu tak bahagia dengan kehidupan seksualmu, cobalah mencoba tidur untuk merilekskan pikiran dan membukanya untuk bercinta. Di sisi lain, jika kamu kurang tidur, cobalah bercinta. Karena melepaskan hormon kesenangan dan faktanya juga digunakan sebagai terapi tidur," demikian dilaporkan situs Times of India.

Bercinta membakar kira-kira 300 kalori per jam, jumlah tersebut hampir sama dengan jumlah kalori yang kita bakar saat berjalan kaki selama 30 menit. Selain itu juga bisa membantu darah segar mencapai organ-organ kita dan membantu menyingkirkan racun yang bisa membuat kita lelah, serta menyeimbangkan kolesterol 'baik' dan 'jahat'.

Berbagai manfaat lainnya adalah bercinta melepaskan hormon DHEA yang membantu kerja sistem imun, memperkuat tulang dan memperbaiki jaringan. Buat para cowok, bercinta juga bisa membantu kesehatan prostat lebih lama.

Jadi kesimpulannya, kamu bisa memilih antara tidur lalu bercinta, atau sebaliknya, karena keduanya sangat penting dan tidak bisa kamu lewatkan. Asal, sama-sama dibicarakan dengan pasanganmu ya!

(frp/up)
News Feed