Rabu, 03 Jul 2019 18:49 WIB

Tips Ampuh Hilangkan Bau Tidak Sedap Pada Miss V

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
ilustrasi vagina. (Foto: ilustrasi/thinkstock) ilustrasi vagina. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Bau vagina tidak sedap bisa terjadi dari waktu ke waktu bahkan ketika kamu telah menjaga kebersihan tubuh dan vagina dengan sangat baik. Namun, yang tidak normal adalah bau vagina yang persisten atau kuat.

Vagina memiliki bau alami dan berbeda pada setiap wanita akan berbeda. Siklus menstruasi dapat menyebabkan sedikit aroma "logam" untuk beberapa hari. Hubungan intim dapat mengubah bau vagina sementara waktu.

Poin pentingnya adalah vagina membersihkan dirinya secara alami. Jika dibiarkan, vagina akan secara alami menjaga pH yang sehat dan menjaga bakteri buruk tetap di luar. Namun jika merasa vagina berbau menyengat disertai gatal dan iritasi mungkin ada masalah lain yang terjadi.

Kadang-kadang, kamu mungkin perlu sedikit bantuan untuk menghilangkan bau vagina. Berikut diantaranya dikutip dari Healthline.



1. Jaga kebersihan vagina
Bersihkan bagian luar vagina secara teratur dengan handuk kecil dan sabun. Pembersihan ini akan menghilangkan kulit mati, keringat dan kotoran. Jangan gunakan sabun wangi atau sabun mandi. Aroma dan bahan kimia dapat mengganggu pH alami vagina.

2. Gunakan pakaian dalam berbahan katun
Jika kamu biasanya memakai pakaian dalam berbahan satin, sutra atau poliester, beralihlah ke bahan katun 100 persen. Kapas mudah bernapas dan sangat membantu menghilangkan keringat dan cairan dari tubuh. Kelembaban yang berlebihan dapat mengganggu tingkat bakteri alami di vagina.

3. Pertimbangkan sebelum beli pembersih vagina
Pembersih vagina memang dapat membantu mengembalikan pH alami vagina. Tapi jika telah mencobanya dan baunya tetap atau semakin memburuk, buatlah janji dengan dokter. Kamu mungkin perlu menggunakan produk yang berbeda atau mencari alternatif resep yang lebih kuat.



4. Coba essential oil
Minyak esensial jenis minyak pohon teh memiliki sifat antimikroba dan antijamur alami, yang dapat membantu mengurangi dan menghilangkan bakteri. Pertama, campur beberapa tetes minyak pohon teh dengan air. Kemudian, oleskan satu atau dua tetes ke bagian luar vagina. Ulangi ini selama tiga hingga lima hari. Jika gejala tidak membaik atau memburuk, hentikan penggunaan.

5. Berendam di air cuka
Sering mandi air panas dapat mengganggu pH alami vagina, tetapi satu jenis mandi mungkin bermanfaat. Tuangkan satu atau dua cangkir cuka sari apel ke dalam air hangat dan rendam selama 20 menit. Cuka secara alami dapat mengurangi bakteri.



Simak Video "Bukan Tren, Peremajaan Miss V Itu Kebutuhan!"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/fds)