Kamis, 10 Okt 2019 19:12 WIB

Peneliti Ungkap Tips Tingkatkan Kualitas Sperma Hingga 50 Persen

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi bercinta. (Foto: iStock) Ilustrasi bercinta. (Foto: iStock)
Jakarta - Kualitas sperma sangat menentukan terutama jika pasutri sedang berprogram untuk memiliki anak. Banyak faktor bisa mempengaruhi kualitas sperma seperti pola makan dan gaya hidup yang sehat.

Namun peneliti satu ini menyoroti salah satu buah (atau bisa juga sayur) berwarna merah cerah yang terbukti bisa meningkatkan kualitas sperma hingga 50 persen. Dalam studi yang dilakukan para peneliti ini menyebutkan bahwa makan dua sendok makan pasta tomat atau tomat yang dimasak per hari bisa meningkatkan kualitas sperma.

Dikutip dari Daily Mail, yang menjadi kunci adalah zat kimia bernama likopen yang sudah lama dikenal dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan menurunkan risiko kanker prostat pada pria. Dalam studi ini, para peneliti mengubah likopen menjadi pil dan meminta peserta pria untuk mengonsumsi dua kali sehari, dan ternyata spermanya terbukti dapat 'berenang' lebih cepat tiga bulan setelahnya.


Dan jumlah dalam pil tersebut sama seperti dengan mengonsumsi dua sendok makan tomat yang dimasak. Likopen meningkatkan bentuk, ukuran, dan kemampuan sperma bergerak, sehingga meningkatkan kesempatan kehamilan.

"Kami tidak menduga bahwa di akhir studi akan ada perbedaan antara sperma pada pria yang mengonsumgi tablet dengan mereka yang mengonsumsi pil placebo. Saat kami mendapatkan hasilnya, aku sangat terkejut. Peningkatkan pada morfologi, bentuk dan ukuran sperma sangat dramatis," kata Allan Pacey, profesor andrologi di University of Sheffield dan salah satu penulis tersebut.

Menurunnya jumlah dan kualitas sperma pria diduga terkait dengan tingginya konsumsi junk food, penggunaan celana dalam yang terlalu ketat, merokok, atau obesitas. Para peneliti percaya tomat dapat meningkatkan kualitasnya karena antioksidan yang ada di dalamnya dapat mencegah adanya kerusakan pada sperma sehingga semakin baik.

"Ini adalah sebuah studi kecil dan harus melakukan pengulangan dengan percobaan yang lebih besar, namun hasilnya cukup meyakinkan. Langkah selanjutnya adalah meningkatkan olahraga pada pria yang mengalami masalah kesuburan dan melihat apakah likopen dapat meningkatkan kualitas sperma mereka dan apakah dapat membantu pasutri memiliki anak dan mencegah pengobatan kesuburan," tandas Dr Elizabeth Williams, penulis studi yang sama dari University of Sheffield.



Simak Video "Penjelasan Ahli Soal Dugaan Ekshibisionisme Pelaku Pelempar Sperma"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)