Minggu, 20 Okt 2019 21:55 WIB

4 Catatan Penting Bagi yang Penasaran Ingin Mencoba Tidur Telanjang

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Biar tak jadi penyakit, ada beberapa catatan penting bagi yang penasaran ingin mencoba tidur tanpa pakaian (Foto: iStock) Biar tak jadi penyakit, ada beberapa catatan penting bagi yang penasaran ingin mencoba tidur tanpa pakaian (Foto: iStock)
Jakarta - Tidur tanpa mengenakan busana dianggap punya banyak manfaat kesehatan. Tetapi, risiko kedinginan atau gatal bila sprei tidak bersih, bisa saja terjadi.

Guna mendapat beragam manfaat kesehatan yang terbukti secara ilmiah, terdapat sejumlah hal penting yang harus diperhatikan sebelum tidur telanjang.

1. Pastikan Mandi Dulu

Membersihkan tubuh sebelum tidur tanpa pakaian adalah hal yang penting dilakukan. Pasalnya, kotoran yang menempel di tubuh dapat memicu alergi dan kuman bisa pindah ke tempat tidur.

2. Pilih Selimut

Saat tidur telanjang, selimut bisa menggantikan fungsi pakaian sebagai pelindung dari suhu dingin. Pakai selimut akan membuat tubuh tertutupi, tetapi masih ada ruang bagi kulit untuk bernapas. Pilih bahan selimut yang tepat agar tidur dengan nyaman.



3. Diskusikan dengan Pasangan

Bila tidur dengan pasangan, pastikan rencana tidur telanjang dibicarakan bersama. Sejumlah orang dapat merasa kurang nyaman untuk tidur dengan menanggalkan semua pakaian, meski penelitian membuktikan bahwa hormon kebahagiaan atau oksitosin akan meningkat ketika melakukan kontak skin-to-skin.

4. Jangan Lupa Kunci Pintu

Jangan lupa, jaga privasi sangat penting, lho. Sebaiknya kunci pintu kamar supaya tak ada penyusup. Siapkan pula pakaian yang mudah dikenakan dan ditaruh di dekat tempat tidur supaya mudah dijangkau dalam situasi darurat.



Simak Video "Lebih Baik Tidur dengan Lampu Terang atau Temaram?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)