Kamis, 12 Des 2019 23:00 WIB

Bau Tak Sedap Bukanlah Bau Alami Miss V, Ini Faktanya

Widiya Wiyanti - detikHealth
Bau tak sedap bukan bau alami Miss V (Foto: thinkstock)
Jakarta - Umumnya, vagina memiliki bau yang khas. Namun terkadang bau Miss V dianggap mengganggu. Banyak informasi yang beredar di kalangan masyarakat bahwa Miss V alaminya berbau tak sedap, benarkah?

Dikutip dari Cosmopolitan, hal tersebut adalah mitos belaka. Faktanya, vagina yang normal memiliki sedikit bau, dan baunya dapat bervariasi tergantung pada siklus menstruasi. Atau tergantung pada banyak keringat serta aktivitas seks yang baru saja dilakukan.

Menurut ahli kesehatan reproduksi Karen Elizabeth Boyle, MD, FACS, bau yang tak sedap pada vagina disebabkan adanya pertumbuhan bakteri vaginosis yang berlebih, yaitu bakteri yang ada pada vagina.



"Penyebab lainnya adalah tidak memiliki kebersihan yang baik, trikomoniasis, infeksi menular seksual, atau tampon yang terlalu lama dipakai," ungkapnya.

Sementara itu, spesialis kandungan dr Mary Jane Minkin menyebut vagina bisa memiliki beberapa bau khas yang penyebabnya berbeda-beda. Bau yang sangat amis seperti ikan busuk misalnya bisa karena bakteriosis vagina, infeksi akibat ketidakseimbangan bakteri yang umum menyebabkan masalah keputihan, demikian dikutip dari Healthline.

Bau vagina lainnya yang dideskripsikan dr Mary seperti asam layaknya fermentasi, logam, manis, keringat, hingga zat kimia.



Simak Video "Bukan Tren, Peremajaan Miss V Itu Kebutuhan!"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)