Minggu, 29 Des 2019 23:00 WIB

Sexsomnia, Kelainan Melakukan Aktivitas Seksual Saat Tidur

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Sexomnia bisa dialami pria dan wanita. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Pernahkah kamu mendengar tentang sexsomnia? Sexsomnia adalah kondisi yang membuat seseorang bisa melakukan aktivitas seksual seperti masturbasi hingga hubungan intim saat tidur tanpa disadari.

Sexsomnia sering disamakan sama dengan gangguan tidur lainnya seperti berjalan sambil tidur, makan sambil tidur. Namun hal ini sangat abnormal dan jarang ditemui.

Mengutip dari Health, studi pada tahun 2017 yang diterbitkan dalam jurnal Sleep menjelaskan pria dengan sexomnia lebih cenderung untuk melakukan hubungan seksual dengan pasangan. Sedangkan wanita dengan sexomnia cenderung melakukan masturbasi.


Lalu mengapa sexsomnia itu bisa terjadi? Pada dasarnya apapun yang mengganggu pola tidur dan kesehatan seperti mengonsumsi minuman alkohol atau kafein, serta tidak mengatur jadwal tidur dengan baik dapat memicu sexsomnia.

Tak hanya itu, depresi, kecemasan dan kurangnya aktivitas seksual juga dapat mempengaruhi tingkat sering atau tidaknya sexsomnia terjadi pada seseorang.

Sayangnya sexsomnia tidak mudah untuk diobati, tetapi ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko terjadinya sexsomnia saat tidur. Minta bantuan pasangan untuk menyadarkan saat mulai timbul gejala-gejala bisa menjadi pilihan terbaik untuk mengobati kelainan tidur ini.



Simak Video "IDI Sebut Hasil Negatif Palsu Bisa Jadi Lewat Rapid Test"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)