Jumat, 03 Apr 2020 20:03 WIB

4 Jenis Penyakit yang Bisa Ditularkan Lewat Ciuman, Herpes Salah Satunya

Ayunda Septiani - detikHealth
Beautiful young couple in love dating outdoors and smiling Ciuman bisa menularkan penyakit (Foto: iStock)

3. Mononukleosis

Mononukleosis atau biasanya disebut sebagai 'penyakit berciuman', disebabkan oleh virus Epstein-Barr (EBV). Selain berciuman, virus ini bisa ditularkan melalui batuk, bersin, berbagi sikat gigi atau kacamata, dan sebagainya.

Setelah terinfeksi, seseorang dapat mengalami gejala seperti kelelahan ekstrim, sakit tenggorokan, demam, kehilangan nafsu makan, dan pembengkakan kelenjar getah bening. Namun demikian, mononucleosis dianggap kurang menular daripada flu dan kemungkinan besar mempengaruhi anak muda antara 15 hingga 30 tahun.

EBV dapat tetap berada di ludah seseorang selama berbulan-bulan setelah infeksi. Dianjurkan untuk menghindari mencium orang dan berbagi makanan atau minuman sampai beberapa hari setelah demam mereda.

4. Sifilis

Meski persentasenya sangat rendah dibandingkan dengan transmisi melalui aktivitas seksual, ada kemungkinan kecil untuk tertular infeksi sifilis dengan mencium seseorang.

"Sifilis adalah kondisi yang sangat menular, dan salah satu penanda utama adalah perkembangan luka di mulut," kata OB-GYN Antonio Pizarro yang berbasis di Louisiana.

Luka biasanya berbentuk bulat dan terbuka yang dapat membantu bakteri treponema pallidum menyebar melalui kontak dekat.

"Setiap kali ada sakit terbuka dan atau darah, secara teoritis, infeksi dapat ditularkan secara lisan," tambah Pizarro.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Dokter Boyke Sayangkan Kurangnya Pendidikan Seks untuk Milenial"
[Gambas:Video 20detik]

(up/up)