Minggu, 07 Jun 2020 20:02 WIB

5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Jumlah Sperma Menyusut, Apa Saja?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
ilustrasi sperma 5 kebiasaan buruk yang membuat jumlah sperma menyusut. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Ada banyak kemungkinan yang bisa membuat jumlah sperma sedikit. Secara tidak sadar, aktivitas atau kebiasaan sehari-hari yang kamu lalui bisa menjadi penyebabnya.

Misalnya gaya hidup buruk seperti merokok hingga timbul rasa stres terus menerus. Agar tak berlarut-larut, catat lima kebiasaan yang mungkin menjadi faktor jumlah sperma sedikit, dikutip dari Boldsky.

1. Radiasi handphone

Terlalu lama main handphone ternyata bisa menjadi penyebab jumlah sperma sedikit, lho. Sebuah studi menemukan pria yang memainkan handphone lebih dari empat jam sehari memiliki jumlah sperma yang lebih sedikit.

Penyebabnya karena handphone biasanya ditaruh di dalam saku celana sehingga testis akan terpapar radiasi ponsel dan menimbulkan efek negatif pada jumlah sperma.

2. Celana terlalu ketat

Mengenakan celana yang terlalu ketat dapat meningkatkan suhu di sekitar testis. Terlebih bila dikenakan dalam waktu yang cukup lama, suhu testis akan terus meningkat dan mengakibatkan jumlah sperma menurun.

3. Stres

Stres juga jadi salah satu penyebab dari timbulnya masalah kesehatan. Tak hanya berakibat pada kesehatan emosional, stres juga memicu masalah pada infertilitas pria.

4. Merokok

Merokok disebut dapat sebabkan impotensi atau disfungsi ereksi. Selain dapat menurunkan jumlah sperma, kebiasaan merokok ini jika tidak dihentikan bisa menyebabkan masalah kesuburan.

5. Meminum alkohol

Sebuah studi mengatakan bahwa kandungan dalam alkohol dapat mencegah tubuh untuk menyerap seng, yang merupakan salah satu mineral terpenting dalam pembentukan sel sperma.

makeup artist


Simak Video "83 Persen Tenaga Medis di DKI Jakarta Alami Burnout"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)