Jumat, 10 Jul 2020 19:34 WIB

Kondom Terjebak di Miss V? Kenali Risiko dan Cara Mengeluarkannya

Defara Milleniar - detikHealth
ilustrasi kondom Risiko kondom terjebak di dalam miss V dan cara mengeluarkannya. (Foto: iStock)
Jakarta -

Salah satu cara untuk mencegah kehamilan dan penularan penyakit kelamin adalah menggunakan kondom. Mungkin tidak banyak yang mengalami kasus kondom terjebak di dalam vagina, tetapi hal ini bukan persoalan yang harus diabaikan karena dapat memberikan risiko.

Berikut beberapa risiko yang harus diperhatikan menurut Felice Gersh, MD Spesialis Ginekologi di Irvine, CA, dikutip dari Healthline.

1. Kehamilan yang tak direncanakan

Kondom kerap dipakai pasangan untuk menunda kehamilan. Jika kondom terjebak di dalam vagina, maka risikonya adalah terjadi kehamilan yang tidak direncanakan. Hal ini disebabkan karena saat mengeluarkan kondom yang terjebak kemungkinan terdapat sperma yang masuk ke dalam.

"Meskipun kemungkinannya kecil, bukan tidak mungkin terjadinya kehamilan karena adanya pra-ejakulasi," kata Gersh.

2. Infeksi pada vagina

Kondom yang terjebak di dalam vagina biasanya akan mudah dikeluarkan jika menunggu 1-2 jam kemudian. Namun, hal itu meningkatkan risiko terjadi infeksi vagina karena vagina merupakan bagian sensitif yang dimana jika terdapat masuknya benda asing tidak menutup kemungkinan bakteri akan berkembang biak.

3. Tertular infeksi

Sebagian orang menganggap kondom dapat mengurangi risiko tertularnya penyakit kelamin akan tetapi jika kondom terjebak di dalam vagina kemungkinan besar akan menularkan penyakit kelamin.

"Jika pasangan Anda memiliki HIV, Anda kemungkinan terpapar virus ketika kondom terlepas," jelas Gersh.

Terjebaknya kondom dalam vagina karena seringkali terjadi karena wanita tidak rileks saat berhubungan seksual. Bisa karena stres dan hal ini menyebabkan otot-otot dasar panggul menjadi kencang yang membuat penetrasi menggunakan kondom tidak nyaman.


Lalu, bagaimana cara mengeluarkan kondom yang terjebak dalam vagina?

1. Posisikan diri Anda dalam keadaan jongkok, kemudian mengejan seperti sedang melahirkan.
2. Cobalah berbaring telentang di bantal atau kepala tempat tidur dan lebarkan kaki lalu keluarkan secara perlahan, Anda dapat menambahkan minyak kelapa untuk membantu jari mengeluarkan kondom.
3. Mandi air hangat agar otot-otot menjadi lebih tenang sehingga kondom akan keluar.
4. Minta bantuan kepada pasangan Anda untuk mengeluarkan dengan cara menggunakan dua jari.
5. Jika langkah di atas belum berhasil, segeralah pergi ke dokter agar tidak terjadi risiko.

Kondom biasanya lepas karena tidak digunakan dengan benar. Namun, jika digunakan dengan benar kondom cukup efektif untuk mencegah kehamilan dan penyakit kelamin.



Simak Video "Ngilu! Lagi Viral Tantangan Condom Snorting Challenge"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)