Senin, 10 Agu 2020 19:06 WIB

Vernita Syabilla Disebut Pesan Kondom Khusus, Memang Ada Variasi Apa Saja?

Firdaus Anwar - detikHealth
young woman pierces a condom Vernita Syabilla disebut pesan kondom khusus. (Foto: iStock)
Jakarta -

Polisi menegaskan memiliki alat bukti kasus dugaan tindak pidana prostitusi yang melibatkan artis Vernita Syabilla. Kepada polisi, muncikari mengungkap Vernita memesan kondom dengan spesifikasi tertentu.

"Ada pengakuan tertentu dari salah seorang muncikari yang menyatakan bahwa VS memesan salah satu kontrasepsi yang menjadi pilihannya. Diakui dari salah seorang muncikari bahwa korban VS ini telah memesan alat kontrasepsi khusus," kata Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad saat dihubungi, Senin (18/8/2020).

Kondom sendiri sebetulnya adalah alat kontrasepsi yang bekerja dengan cara menghalangi sperma. Dikutip dari WebMD, kondom juga kerap digunakan sebagai alat pelindung dari risiko penyakit infeksi menular seksual.

Di pasaran, ada berbagai variasi kondom yang tersedia. Berikut rangkumannya:

1. Bahan yang digunakan

Sebagian besar kondom modern dibuat dari bahan dasar lateks. Namun, ada juga kondom yang dibuat dari bahan plastik atau jaman dulu menggunakan bahan alami, seperti kulit hewan.

Variasi bahan kondom ini muncul karena tidak semua cocok menggunakan bahan yang sama. Kadang ada orang yang memiliki alergi terhadap bahan tertentu.

2. Lubrikasi

Kondom biasanya sudah dikemas dengan pelumas khusus yang berfungsi untuk membantu penetrasi sehingga mencegah iritasi. Bila kondom tidak memiliki lubrikasi, disarankan tambahkan sendiri lubrikasi pembantu. Pastikan lubrikasi tersebut berbahan dasar air, karena lubrikasi berbahan minyak malah bisa merusak kondom.

Terkadang ada jenis kondom yang sudah dilapisi juga dengan bahan pembunuh sperma (spermicide) untuk membantu semakin memperkecil kemungkinan terjadi kehamilan.

3. Tekstur

Tidak semua kondom memiliki bentuk yang sama. Beberapa produsen menciptakan kondom dengan tekstur tertentu, misalnya memiliki totol-totol, bergelombang, hingga berlapisan ekstra tipis.

Tujuannya sebagai variasi untuk menambah kenikmatan bercinta.

4. Rasa

Kondom kadang dikemas dengan lubrikasi yang memiliki rasa tertentu, seperti buah-buahan, coklat, hingga rendang. Tujuan dari variasi ini adalah untuk membantu pasangan lebih nyaman saat melakukan seks oral.

Para ahli memang menyarankan memakai kondom untuk seks oral karena aktivitas tersebut tetap memiliki risiko menularkan penyakit.

5. Variasi lain

Kadang di pasar ada juga kondom dengan variasi lainnya, contoh bisa bersinar di dalam gelap. Para ahli menyarankan untuk selalu cek apakah kondom dengan variasi unik tersebut sudah memenuhi standar.



Simak Video "Hmm.. Pil KB Bikin Gemuk, Mitos atau Fakta?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)