Jumat, 09 Okt 2020 18:30 WIB

4 Ciri Kecanduan Masturbasi, Pernah Mengalami Salah Satunya?

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
ilustrasi masturbasi Kecanduan masturbasi bisa dikenali dari beberapa tanda (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Meski dianggap punya manfaat kesehatan, masturbasi bisa menghadirkan berbagai masalah terutama jika dilakukan berlebihan. Tidak hanya dampak secara fisik, melainkan juga psikis.

Dampak fisik antara lain terjadi pada organ intim. Luka dan cedera sangat mungkin terjadi karena aktivitas yang tidak natural. Sedangkan dampak psikis bisa dialami jika seseorang tidak bisa lagi mengontrol keinginannya untuk masturbasi.

Dikutip dari Timesofindia, berikut 4 tanda kecanduan melakukan masturbasi:

1. Organ intim terasa sakit

Masturbasi berlebihan akan melukai organ intim seperti pengelupasan kulit pada vagina dan penis. Pada kondisi ini organ intim akan terasa perih dan bisa menyebabkan penyakit Peyronie yaitu pengerasan jaringan di batang penis.

2. Tidak mau bersosialisasi

Seseorang yang kecanduan masturbasi biasanya kesulitan bersosialisasi. Tanda-tandanya jadi malas keluar rumah dan mengurung diri di kamar.

3. Mempengaruhi kehidupan seksual

Masturbasi membantu tetap aktif secara seksual. Namun melakukannya secara berlebihan dapat mempengaruhi kehidupan seksual. Misalnya, kepuasan yang didapat saat berhubungan seks jadi tidak sebesar saat masturbasi.

4. Selalu memikirkan

Seseorang yang kecanduan masturbasi akan mudah teringat pada adegan porno saat sedang beraktivitas. Hal ini membuat timbulnya dorongan masturbasi yang sulit dikendalikan.

Jika seseorang merasa terlalu sering masturbasi sehingga mengganggu aktivitas, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi ke dokter.



Simak Video "Apakah Rekam Video Seks Diri Sendiri Termasuk Gangguan Jiwa?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)