Kamis, 05 Nov 2020 19:11 WIB

Selalu Jadi Kontroversi, Ini Plus-minus Masturbasi bagi Pasutri

Kanya Anindita - detikHealth
ilustrasi pasangan Pasutri juga bisa masturbasi untuk variasi (Foto: iStock)
Jakarta -

Masturbasi adalah aktivitas seksual yang kerap dianggap tabu. Bagi yang melakukannya, hal tersebut adalah cara alami dan aman untuk merasakan kesenangan dan melepaskan hasrat seksual yang menumpuk.

Namun, masturbasi yang berlebihan dapat merusak aktivitas sehari-hari.

Dikutip dari Insider, masturbasi memiliki beberapa manfaat, seperti:

  • Meredakan stres yang menumpuk
  • Membuat tidur lebih baik
  • Meningkatkan mood
  • Memuaskan diri
  • Meningkatkan kepekaan untuk berhubungan seks bersama pasangan

Bagi pasutri, masturbasi dapat meningkatkan sensitivitas seksual saat bercinta. Selain masturbasi, penggunaan alat bermain seks dan posisi badan dapat meningkatkan kepekaan dan hasrat berhubungan seks.

Selain bermanfaat, terlalu sering masturbasi juga ada efek sampingnya. Klik halaman selanjutnya.

Efek samping masturbasi:

1. Kecanduan

Anda mungkin menghabiskan banyak waktu untuk masturbasi, jika sampai melewatkan berbagai rutinitas sehari-hari, seperti bekerja, tugas harian, dan membatalkan acara penting. Hal tersebut tentu menganggu produktivitas.

Segera bertanya kepada dokter tentang cara-cara mengurangi masturbasi agar tidak semakin kecanduan. Bisa juga melakukan hal-hal lain untuk melupakan masturbasi, seperti menulis jurnal, olahraga, atau pergi jalan-jalan.

2. Merasa malu setelah melakukannya

Beberapa orang merasa malu untuk menceritakan masturbasi karena merupakan hal yang tabu. Beberapa budaya dan agama menganggap perbuatan tersebut adalah aktivitas kotor atau kurang bermoral. Anda bisa berkonsultasi kepada ahli kesehatan jika Anda malu untuk bercerita kepada orang terdekat.

Masturbasi juga dapat meringankan gejala kehamilan, seperti nyeri punggung bawah. Namun, tidak disarankan bagi wanita hamil untuk sering masturbasi karena dapat menyebabkan kontraksi bahkan risiko saat melahirkan.



Simak Video "Aman Nggak Kalau Masturbasi Keseringan?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)