Sabtu, 21 Nov 2020 19:01 WIB

Ssst...Ini Alasan Wanita Lebih Mudah Terangsang Saat Menstruasi

Farah Nabila - detikHealth
Fashion portrait of young elegant woman in bed Foto: iStock
Jakarta -

Setiap bulan, menstruasi datang dengan hal-hal yang biasa terjadi seperti kram, kembung, dan kelelahan. Namun Anda juga akan merasakan lebih bergairah secara seksual saat menstruasi.

Menanggapi situasi ini, Dr Mary Jane Minkin, profesor klinis kebidanan dan ginekologi di Yale University Medical School mengatakan lonjakan daya tarik seks tertentu terjadi selama ovulasi sekitar setengah siklus haid, atau dua minggu setelah menstruasi berkat sedikit peningkatan hormon testosteron.

Mudah terangsang saat menstruasi

Menurut Dr Adeeti Gupta, seorang dokter kandungan dan pendiri Walk In GYN Care, siklus menstruasi melibatkan siklus naik turunnya estrogen, progesteron, testosteron, dan DHEA. Semua hormon tersebut memainkan peran kunci dalam dorongan seks.

Dalam sebuah studi 2013 yang diterbitkan di Hormones and Behavior, para peneliti mengukur kadar hormon selama dua siklus menstruasi penuh dan membandingkan hasilnya dengan jurnal harian, di mana partisipan mencatat aktivitas seksual dan perasaan tidak bersemangat.

Para peneliti menemukan bahwa perubahan kadar estrogen dan progesteron memiliki efek serius pada libido. Kemungkinan karena estrogen yang turun pada awal menstruasi tetapi kemudian mulai naik terus pada hari kedua atau ketiga, yang meningkatkan libido dan hasrat.

Sementara itu, dr Minkin mengatakan progesteron, hormon penstabil yang "tidak ramah perasaan seksi" berada pada titik terendah, jadi ada kemungkinan Anda juga merasa lebih seksual saat tidak ada hormon tersebut.

Bisakah gairah mempengaruhi menstruasi?

Klik halaman selanjutnya seputar gairah yang meluap-luap saat mensturasi.

Selanjutnya
Halaman
1 2