Selasa, 24 Nov 2020 19:30 WIB

Suami Perlu Tahu, 5 Cara Bikin Sperma 'Tokcer' Biar Istri Cepat Hamil

Farah Nabila - detikHealth
ilustrasi sperma Cara membuat kualitas sperma semakin tokcer biar pasangan cepat hamil. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Sperma yang sehat dan berkualitas merupakan idaman bagi setiap pria. Kualitas sperma yang sehat dapat mempengaruhi kesuburan pria. Jika Anda dan pasangan merencanakan program kehamilan, ada beberapa cara agar sperma sehat dan siap membuahi.

Jumlah sperma yang sehat diperlukan untuk kesuburan. Agar kehamilan terjadi, hanya satu sperma dan satu sel telur yang dibutuhkan. Tetapi mengapa jumlah sperma sangat penting?

Singkatnya, ini meningkatkan kemungkinan hamil lebih tinggi. Air mani yang normal mengandung 40 juta hingga 300 juta sperma per mililiter. Jumlah sperma yang rendah berada di antara 10 dan 20 juta sperma per mililiter. Dua puluh juta sperma per mililiter mungkin cukup untuk kehamilan jika spermanya sehat.

Dikutip dari Healthline, berikut cara meningkatkan kualitas sperma agar siap membuahi.

1. Menurunkan berat badan

Jika memiliki berat badan berlebih, menurunkan berat badan adalah salah satu cara yang paling efektif untuk meningkatkan jumlah sperma.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan jurnal National Library of Medicine, penurunan berat badan secara signifikan dapat meningkatkan volume, konsentrasi, dan gerakan air mani, serta kesehatan sperma secara keseluruhan.

Perubahan jumlah sperma ditemukan paling signifikan pada pria yang memiliki indeks massa tubuh lebih tinggi. Jika seorang pria memiliki berat badan berlebih harus diturunkan karena menurunkan sedikit saja dapat membantu kesehatan sperma.

2. Olahraga

Meskipun Anda tidak merasa tidak perlu menurunkan berat badan, berolahraga dan menjalani gaya hidup yang sehat dapat meningkatkan jumlah sperma. Olahraga juga dapat membantu mempertahankan atau menurunkan berat badan yang bermanfaat untuk kesehatan sperma.

Sebuah studi yang diterbitkan jurnal Oxford menemukan bahwa angkat beban dan olahraga di luar ruangan dapat membantu kesehatan sperma dibandingkan jenis olahraga lainnya.

3. Konsumsi vitamin

Beberapa jenis vitamin, termasuk vitamin D, C, E, dan CoQ10, penting untuk kesehatan sperma. Mengonsumsi vitamin tersebut dapat membantu meningkatkan kualitas sperma.

Sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi 1.000 mg vitamin C setiap hari dapat membantu konsentrasi dan gerak sperma. Jumlah sperma secara keseluruhan tidak akan meningkat, tetapi sperma dapat menjadi lebih terkonsentrasi dan dapat bergerak lebih efisien. Hal ini dapat meningkatkan peluang untuk sukses pada rencana kehamilan.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Infeksi Corona Disebut Berpotensi Bikin Mandul"
[Gambas:Video 20detik]