Bau Miss V yang Normal Seperti Apa Sih? Ini 7 Variasi dan Penyebabnya

ADVERTISEMENT

Bau Miss V yang Normal Seperti Apa Sih? Ini 7 Variasi dan Penyebabnya

Farah Nabila - detikHealth
Kamis, 03 Des 2020 21:23 WIB
Concept sex, masturbation. Hand, fingers in grapefruit, vagina symbol on a red background
Berbagai variasi bau Miss V dan penyebabnya (Foto: iStock)

3. Aroma manis seperti tebu

Aroma manis disini bukanlah aroma seperti kue, namun aroma yang kuat. Tetapi aroma seperti ini tidak perlu dikhawatirkan.

Penyebab aroma manis ini adalah bakteri. pH vagina adalah ekosistem bakteri yang selalu berubah, salah satunya berbau manis.

4. Bau kimia seperti cairan pemutih

Bau yang mirip dengan pemutih atau amonia bisa menjadi dua hal yang berbeda. Terkadang, bau ini menjadi tanda untuk menemui dokter.

Aroma kimia pada vagina bisa disebabkan dengan urine yang mengandung produk sampingan dari amonia yang disebut urea. Penumpukan urine di pakaian dalam atau di sekitar vulva bisa menghilangkan bau kimiawi. Perlu diingat, urine berbau amonia yang kuat merupakan tanda dehidrasi.

Bacterial vaginosis (BV) juga bisa memicu bau kimia pada vagina. Gejala BV meliputi bau busuk atau amis, keputihan berwarna abu-abu tipis, putih atau hijau, gatal pada bagina dan rasa terbakar saat buang air kecil.

5. Mirip bau badan

Vagina dapat mengeluarkan aroma yang mirip dengan bau badan. Hal ini karena terdapat kelenjar keringat di sana.

Aroma ini bisa disebabkan oleh stres emosional. Tubuh mengandung dua jenis kelenjar keringat, apokrin dan ekrin. Kelenjar ekrin menghasilkan keringat untuk mendinginkan tubuh dan kelenjar apokrin merespons emosi. Kelenjar apokrin ini mengisi ketiak dan selangkangan.

Saat Anda stres atau cemas, kelenjar apokrin menghasilkan cairan seperti susu. Cairan ini sendiri tidak berbau. Tetapi ketika cairan ini mengenai banyaknya bakteri vagina di vulva, itu bisa menghasilkan aroma yang menyengat.



Simak Video "Dokter Boyke Angkat Bicara Soal Heboh Istilah 'Husband Stitch'"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT