Senin, 07 Des 2020 21:38 WIB

5 Tips Perawatan Agar Miss V Selalu Happy

Zintan Prihatini - detikHealth
ilustrasi vagina Miss V harus dirawat agar selalu sehat (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Sebagai wanita, menjaga kesehatan dan kebersihan vagina sangatlah penting. Namun, terkadang masih banyak wanita yang tak menjaga kebersihan organ sensitif itu.

Vagina memiliki kemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri melalui cairan vagina. Meski begitu sudah seharusnya para wanita lebih memperhatikan kebersihan dan kesehatannya. Beberapa cara bisa dilakukan agar vagina tetap sehat dan bersih.

Dikutip dari Women's Health, berikut cara agar vagina tetap bersih dan sehat.

1. Gunakan kondom sebagai pelindung

Dokter spesialis kandungan di Mayo Clinic System dr Gokhan Anil mengatakan kondom adalah cara yang efektif untuk melindungi dari penyakit menular seksual (PMS). Studi pada 2013 yang diterbitkan di Journal PLos One menemukan bahwa kondom dapat membantu menjaga tingkat pH vagina tetap stabil saat berhubungan seks, sehingga semua bakteri baik yang ada tetap sehat. Bakteri tersebut membantu mencegah infeksi jamur, infeksi saluran kemih (ISK), dan vaginosis bakteri.

2. Gunakan celana dalam berbahan katun

Bahan katun dibuat dengan potongan kapas di bagian selangkangan. Kapas tersebut membantu vagina bernapas dan melancarkan sirkulasi udara hingga menyerap kelembapan.

3. Hindari antibiotik

"Penggunaan antibiotik yang tidak perlu secara signifikan bisa mengurangi kesehatan vagina," kata dr Anil.

Itu karena antibiotik dapat membunuh bakteri baik dan bakteri, yang kemudian dapat mengubah flora vagina yaitu koloni bakteri sehat dan menyebabkan jamur maupun infeksi lain. Sebaiknya gunakan antibiotik sesuai dengan resep dari dokter.

4. Hindari penggunaan sabun beraroma

Profesor klinik kandungan, ginekologi, dan reproduksi di Universitas Yale Dr Mary Jane Minkin mengatakan, sabun beraroma mungkin bagus untuk tubuh tetapi tidak cocok dengan vagina. Itu karena vagina tidak memiliki lapisan pelindung ekstra. Penggunaan sabun beraroma dapat mengeringkan vagina. Cuci vagina dengan air hangat atau gunakan sabun biasa yang lembut, dan tanpa pewangi.

5. Memeriksakan diri ke ahli ginekologi

Pemeriksaan rutin ke ahli ginekologi sangat penting untuk tetap menjaga kesehatan vagina. Selain itu, pemeriksaan vagina bisa mendeteksi dini penyakit pada kelamin agar tidak berisiko fatal.



Simak Video "FWB dan Bahaya Infeksi Menular Seks"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)