Jumat, 11 Des 2020 19:43 WIB

5 Cara Jitu Bikin Sperma Makin Tokcer

Kanya Anindita - detikHealth
ilustrasi sperma Cara jitu bikin sperma makin tokcer (Foto: iStock)

2. Olahraga secara teratur

Beberapa olahraga ringan dapat meningkatkan jumlah, gerakan, dan bentuk sperma. Kelebihan berat badan atau obesitas juga dapat memengaruhi kadar testosteron, yang berpengaruh pada hasrat seks.

Cobalah berjalan kaki selama 20 menit dan melakukan push-up. Hindari gerakan yang terlalu berat, seperti bersepeda, jogging, dan mendaki gunung, karena dapat menurunkan fairah seks.

3. Memilih penggunaan boxer atau celana biasa

Sebuah studi tahun 2018 menemukan, bahwa pria yang mengenakan celana boxer memiliki sperma 17 persen lebih banyak daripada pria yang mengenakan celana dalam. Namun, hal ini tidak bisa dijadikan patokan karena pola hidup juga berpengaruh pada kesehatan sperma.

4. Mengurangi konsumsi kafein

Pria yang sering mengonsumsi kafein dan minuman soda, berisiko besar mengalami penurunan jumlah sperma. Mengkonsumsi lebih dari tiga cangkir sehari minuman berkafein, baik kopi, minuman berenergi, atau minuman soda, dapat mempersulit terjadinya pembuahan.

5. Minum suplemen

Beberapa vitamin dapat dikonsumsi oleh para pria untuk meningkatkan kesehatan sperma dan memudahkan terjadinya pembuahan. Vitamin C sebagai peningkat jumlah dan motilitas sperma, serta Vitamin D untuk meningkatkan testosteron, dapat dijadikan pilihan bagi para pria.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Seks Anal dan Risiko Kesehatannya"
[Gambas:Video 20detik]

(up/up)