Jumat, 11 Des 2020 19:43 WIB

5 Cara Jitu Bikin Sperma Makin Tokcer

Kanya Anindita - detikHealth
ilustrasi sperma Cara jitu bikin sperma makin tokcer (Foto: iStock)
Jakarta -

Sperma yang sehat dapat membuat pria merasa lebih percaya diri saat berhubungan seks. Selain itu, sperma yang sehat juga dapat mempercepat terjadinya pembuahan saat bertemu sel telur yang dapat menyebabkan kehamilan.

Sperma yang sehat juga perlu sering digerakkan untuk meningkatkan kesuburan. Hal lain yang menandakan sperma sehat juga dilihat dari bentuknya, yakni memiliki kepala dan ekor yang panjang dan kuat.

Dikutip dari Healthline, berikut 5 cara yang dapat dilakukan oleh para pria dalam menjaga kesehatan sperma:

1. Mengatur pola makan

Makanan yang Anda konsumsi, tentu berpengaruh pada kesehatan sperma. Cobalah untuk memperbanyak makan daging tanpa lemak serta mengurangi asupan makanan cepat saji. Beberapa jenis makanan lain yang dapat meningkatkan gerak sperma:

- Vitamin B-12

Vitamin ini dapat ditemukan dalam daging, ikan, dan produk susu. Vitamin B-12 melindungi sperma dari peradangan dan stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas berbahaya di tubuh.

- Vitamin C

Makanan seperti jeruk, buah beri, kentang, tomat, dan bayam, berkontribusi tinggi untuk kesehatan sperma. Vitamin C dalam makanan-makanan tersebut dapat membuat pergerakan sperma lebih baik.

- Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan salah satu jenis makanan yang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seks. Sebuah studi tahun 2018 terhadap 119 pria menemukan, bahwa mengonsumsi kacang almond, kenari, dan hazelnut selama periode 14 minggu, dapat meningkatkan jumlah sperma.

- Likopen

Likopen memberi warna merah pada tomat dan semangka. Kandungan ini dapat mengurangi spesies oksigen reaktif (ROS) yang bisa merusak DNA dan melukai sperma. Mengonsumsi empat sampai delapan miligram likopen sehari dapat meningkatkan jumlah sperma.

Olahraga teratur juga dianjurkan agar sperma makin tokcer. Baca di halaman berikut.

2. Olahraga secara teratur

Beberapa olahraga ringan dapat meningkatkan jumlah, gerakan, dan bentuk sperma. Kelebihan berat badan atau obesitas juga dapat memengaruhi kadar testosteron, yang berpengaruh pada hasrat seks.

Cobalah berjalan kaki selama 20 menit dan melakukan push-up. Hindari gerakan yang terlalu berat, seperti bersepeda, jogging, dan mendaki gunung, karena dapat menurunkan fairah seks.

3. Memilih penggunaan boxer atau celana biasa

Sebuah studi tahun 2018 menemukan, bahwa pria yang mengenakan celana boxer memiliki sperma 17 persen lebih banyak daripada pria yang mengenakan celana dalam. Namun, hal ini tidak bisa dijadikan patokan karena pola hidup juga berpengaruh pada kesehatan sperma.

4. Mengurangi konsumsi kafein

Pria yang sering mengonsumsi kafein dan minuman soda, berisiko besar mengalami penurunan jumlah sperma. Mengkonsumsi lebih dari tiga cangkir sehari minuman berkafein, baik kopi, minuman berenergi, atau minuman soda, dapat mempersulit terjadinya pembuahan.

5. Minum suplemen

Beberapa vitamin dapat dikonsumsi oleh para pria untuk meningkatkan kesehatan sperma dan memudahkan terjadinya pembuahan. Vitamin C sebagai peningkat jumlah dan motilitas sperma, serta Vitamin D untuk meningkatkan testosteron, dapat dijadikan pilihan bagi para pria.



Simak Video "Seks Anal dan Risiko Kesehatannya"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)