Sabtu, 02 Jan 2021 21:00 WIB

Studi Sebut Rutin Bercinta Bisa Memperlambat Datangnya Menopause

Thalitha Yuristiana - detikHealth
Front view of happy young couple in pajamas decided to have fun by playing under red blanket during long days of quarantine at home. Rutin berhubungan seks bisa memperlambat menopause. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/fotostorm)
Jakarta -

Menopause merupakan penurunan hormon reproduksi ketika wanita mencapai usia 40-50 tahun. Biasanya, kondisi ini dimulai sekitar 12 bulan terakhir sejak haid terakhir. Bagi beberapa wanita, kondisi ini bisa menjadi momok tersendiri.

Namun, penelitian yang dilakukan oleh University College London menemukan hal yang dapat memperlambat menopause. Dikutip dari Health, peneliti yang menganalisis data 2.936 partisipan wanita berusia rata-rata 45 tahun menemukan seks rutin bisa memperlambat menopause.

Peneliti melakukan wawancara partisipan seputar kegiatan seksual yang telah dilakukan selama enam bulan terakhir. Tak hanya hubungan seks yang melibatkan penetrasi, peneliti juga turut mencari tahu aktivitas lain seperti seks oral dan masturbasi. Peneliti juga mengkaji kadar estrogen, indeks massa tubuh, dan usia saat menstruasi pertama.

Dari partisipan yang dilibatkan dalam penelitian ini, tercatat 78 persen dari seluruh partisipan telah menikah atau berada dalam sebuah hubungan, sedangkan 68 persen partisipan tinggal bersama pasangannya. Diketahui sebanyak 46 persen peserta telah memasuki masa perimenopause.

Dari data tersebut ditemukan bahwa wanita yang rutin melakukan hubungan seks setiap minggu memiliki risiko sebesar 28 persen lebih rendah terhadap menopause usia dini dibandingkan wanita yang berhubungan seks kurang dari sekali dalam sebulan.

"Kami menyadari dalam literatur tentang menopause ada tren wanita yang menikah biasanya mengalami menopause di usia lebih senja... bagi kami ini hal unik," kata pemimpin studi Megan Arnot, PhD, dari University College London.

Singkatnya, Megan menjelaskan bahwa kemungkinan semakin sering seseorang berhubungan seks akan membuat tubuhnya lebih sering bersiap untuk mengalami kehamilan. Hal ini lalu memiliki efek dapat memperlambat menopause.

Namun hal ini bukan satu-satunya cara untuk memperlambat menopause. Cepat atau lambat menopause juga bisa dipengaruhi oleh faktor genetik dan pola hidup Anda sehari-hari.

Upaya lain yang dapat dilakukan guna memperlambat menopause yaitu dengan menjaga kesehatan, seperti menghentikan kebiasaan merokok dan konsumsi makanan bernutrisi kaya antioksidan serta karbohidrat kompleks yang bisa meningkatkan produksi estrogen.



Simak Video "Pentingnya Pendidikan Seksual Sejak Dini untuk Cegah Pelecehan"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)