Selasa, 12 Jan 2021 20:40 WIB

Gagal Orgasme Saat Bercinta, Artinya Sia-sia? Ah, Nggak Juga

Farah Nabila - detikHealth
Eighteen plus, age limit, sign in neon style. Only for adults. Night bright neon sign, symbol 18 plus. Vector Illustration. Ilustrasi orgasme (Foto: iStock)
Jakarta -

Orgasme pada wanita sering kali diselimuti misteri untuk meraihnya. Tak heran, ada begitu banyak kesalahpahaman tentang bagaimana cara untuk mendapatkannya.

Banyak orang yang menganggap tidak mencapai orgasme saat seks merupakan kegagalan. Nyatanya hal tersebut tidak harus menjadi tujuan utama dalam berhubungan seks.

Lalu apa saja mitos tentang orgasme yang seharusnya tidak dipercaya? Berikut sederet mitos dan fakta seputar orgasme, yang dikutip dari SELF.

1. Orgasme akan terjadi setiap berhubungan seks

Ini adalah mitos. Mencapai orgasme menjadi harapan bagi kedua pasangan setiap berhubungan seks. Tetapi, bagi kebanyakan wanita hal tersebut tidak realistis.

Menurut Society of Obstetricians and Gynecologists of Canada, hanya sekitar sepertiga wanita mencapai orgasme secara teratur melalui hubungan seksual.

2. Vaginal sex adalah cara terbaik untuk mencapai orgasme

Ini juga termasuk mitos. Nyatanya, kebanyakan wanita tidak bisa mencapai orgasme hanya melalui penetrasi vagina. Sepertiga wanita bisa mencapai klimaks saat berhubungan seks jika mereka memiliki rangsangan ekstra, seperti rangsangan oral atau manual. Itu mungkin terjadi karena perhatian ekstra tersebut menargetkan klitoris, yang seringkali penting untuk mencapai big O.

3. Orgasme adalah fenomena fisik

Lagi-lagi, ini mitos. Bagi banyak wanita, orgasme didapatkan melalui mental dan fisik. Dengan kata lain, ketika pria mencoba untuk merangsang wanita, tetapi jika pikiran wanita berada di tempat lain, orgasme akan sulit didapatkan.

Menurut seorang spesialis pengobatan seksual di San Jose, California, Linda Banner, Ph.D., ada komponen mental yang sangat besar untuk mencapai orgasme. "Jika tingkat stres tinggi atau jika Anda terganggu, cemas atau ketakutan, itu pasti akan berdampak pada respons seksual. Anda tidak akan bersenang-senang," ujar Banner.

Benarkah seks tanpa orgasme adalah kegagalan? Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Selain Bikin Tak Bisa Ereksi, Kebiri Kimia Juga Ancam Nyawa Predator Seksual"
[Gambas:Video 20detik]