Minggu, 11 Apr 2021 20:31 WIB

7 Reaksi Tubuh yang Terjadi Saat Bercinta, Pernah Merasakan Salah Satunya?

Yuviniar Ekawati - detikHealth
Shot of a couple lying under a blanket with hearts scattered on the bed Ilustrasi seks (Foto: Getty Images/PeopleImages)
Jakarta -

Saat bercinta perasaan yang umum dirasakan oleh seseorang adalah jantung berdebar dengan kencang. Selain itu, hormon mengalir sehingga dapat memunculkan rasa bahagia hingga menghilangkan rasa stres.

Sebenarnya apa saja sih yang terjadi pada tubuh saat seseorang sedang melakukan hubungan seksual? Berikut ini adalah 7 hal yang terjadi pada tubuh saat bercinta, dikutip dari Health.

1. Sensitivitas meroket

Zona sensitif seksual, yang terdiri dari puting, telinga, leher, dan area genital menjadi sangat sensitif karena adanya peningkatan aliran darah dan pelepasan neurotransmitter yang meningkatkan sensasi.

2. Pembuluh darah melebar

"Klitoris dan vulva Anda membengkak, seperti halnya pembuluh di dinding vagina," kata dr Jennifer Berman seorang ahli urologi dan pakar kesehatan seksual.

3. Otot menjadi tegang

"Selama orgasme, otot dasar panggul berkontraksi secara tidak sengaja," kata dr Berman. Pada saat seks, mengencangkan dan melepaskan otot secara aktif dapat membantu meningkatkan gairah dan kesenangan

4. Produksi hormon meningkat

Seks merangsang pelepasan berbagai hormon seperti hormon oksitosin yang dapat membuat seseorang merasa terhubung dengan orang lain.

Selain itu, ada hormon dopamin yang dapat membuat seseorang merasa puas untuk saling berdekatan. Hal itu terjadi karena dopamin dapat menimbulkan perasaan bahagia dan jatuh cinta.

5. Tubuh merasa rileks

Saat mengalami orgasme, tubuh menjadi rileks. Efek yang diberikan dapat setara dengan pil penenang terbaik.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Seks Anal dan Risiko Kesehatannya"
[Gambas:Video 20detik]