Kamis, 15 Apr 2021 18:43 WIB

Viral Cerita Dokter Tangani Kondom Lepas dan Tertinggal di Miss V

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Tangkapan layar TikTok @dokterlockit Foto: Tangkapan layar TikTok @dokterlockit (atas izin yang bersangkutan)
Jakarta -

Viral kisah dokter yang menangani keluhan pasien dengan kondisi kondom tertinggal di vagina usai berhubungan seksual. Dalam video pribadinya di media sosial TikTok, dokter asal Nusa Tenggara Timur ini bercerita si pasien mengaku sang suami salah memakai ukuran kondom.

"Bidan: dok ada pasien baru katanya ada yang ketinggalan dalam Miss V setelah berhubungan. Kata suaminya salah beli ukuran jadinya longgar," demikian dikutip dari video viral TikTok @dokterlockit, Kamis (15/4/2021).

"Waduh tolong naikin ke meja ginekologi, jangan lupa KIE suami supaya beli ukuran yang sesuai," kata dokter umum bernama Siegfrid Claudio Antonio.

Beberapa netizen menimpali video viral dokter tersebut dengan beragam komentar. Kebanyakan di antara mereka baru tahu jika kondom memang memiliki ukuran tertentu.

"Baru tau balon ada ukurannya..," ungkap salah satu netizen @pis*****l.

Saat dikonfirmasi, dr Siegfrid mengaku bukan pertama kalinya menangani kasus semacam ini. Beberapa kasus serupa kerap ditemukan dengan berbagai macam penyebab.

"Dari beberapa kasus yang pernah saya tangani, masalah utama salah beli ukuran kondom, tetapi ada juga yang diakibatkan karena kebanyakan pelumas," tuturnya kepada detikHealth Rabu (14/4/2021).

"Sampai ada juga yang mengaku bahwa pada saat sudah ejakulasi, pasien pria telat mengeluarkan penisnya dari vagina, sehingga ketika sudah tak ereksi kondom mengalami pelonggaran dan tertinggal di dalam," lanjutnya.

Ia mengingatkan risiko jika kondom tak segera diambil ketika tertinggal di dalam vagina. Salah satu yang paling mungkin terjadi adalah adanya infeksi yang disebabkan bakteri, virus, maupun jamur. Apa saja gejalanya?

"Keputihan yang berbau, berwarna, bisa juga berbusa. Ada gatal dan rasa tidak nyaman di area vagina, rasa sakit atau perih akibat adanya iritasi," ungkapnya.

Gejala parah juga disebut dr Siegfrid bisa terjadi saat ada reaksi alergi hingga ruam kemerahan. Disertai bengkak dan kulit sekitar vagina juga menjadi kemerahan.

@dokterlockit

✨PASIEN SABTU MALAM!✨ #fypgakni #fypシ #YourFaceChampion

♬ Unlock it (Lock It) [CTRL Superlove Remix] - Charli XCX

Lantas bagaimana penanganannya?

Penanganan seluruh kasus pasien yang mengeluhkan benda asing tertinggal di vagina ditegaskan dr Siegfrid sama, yaitu menggunakan spekulum untuk kemudian dilihat area vaginanya dengan bantuan lampu sorot. Kemudian, diambil dengan hati-hati agar tak melukai vagina atau memicu iritasi.

"Jika dalam kasus tersebut kondomnya terisi maka diusahakan agar tidak tumpah isi cairan tersebut," pungkasnya.



Simak Video "Kasus Gangguan Kesehatan yang Diviralkan Efek Kecanduan Game"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)