Selasa, 18 Mei 2021 20:15 WIB

Tak Perlu Obat Kuat, Ini 6 Tips Simpel yang Bisa Perbaiki Performa Bercinta

Ardela Nabila - detikHealth
Shot of a couple lying under a blanket with hearts scattered on the bed Ilustrasi seks (Foto: Getty Images/PeopleImages)
Jakarta -

Sebagian pasangan mungkin pernah merasa adanya penurunan kualitas seks baik dari segi frekuensi hingga durasi. Bahkan, libido atau keinginan untuk melakukan hubungan seks juga bisa menurun.

Kondisi ini sering ditemukan pada pasangan yang sudah bersama-sama dalam waktu yang lama. Kesibukan bisa menimbulkan stres yang berkepanjangan. Terlebih jika stres tersebut dipicu adanya masalah dalam hubungan.

Terlebih jika kondisi fisik dan mental tidak dalam keadaan yang prima sehingga harus mengonsumsi obat-obatan hal tersebut dapat menurunkan nafsu seks.

Saat ada masalah pada kesehatan fisik dan mental, kadar libido dalam tubuh akan berkurang sehingga berpengaruh pada kehidupan seksual.

Untuk dapat mengembalikan kehidupan seks seperti sedia kala, ada enam tips yang patut dicoba demi menciptakan kehidupan seks yang bergairah bersama pasangan.

1. Komunikasi yang baik

"Ketika pasangan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang kesukaan dan ketidaksukaan seksual satu sama lain, mereka dapat membuat seks lebih baik untuk satu sama lain," kata Allen Mallory, PhD, pakar kesehatan dan kesejahteraan kelompok minoritas seksual dan gender, dikutip dari Health.

Saling memberi tahu apa yang tubuh butuhkan saat bercinta dapat menjadi petunjuk penting bagi pasangan di ranjang. Terlebih, zona sensitif seksual perempuan dan laki-laki berbeda.

2. Mengenang momen favorit berdua

Mengenang momen favorit saat seks di masa lalu dapat meningkatkan nafsu seksual pasangan. Menceritakan momen seks yang sudah dilakukan bersama dan meminta pasanganmelakukan hal tersebut kembali.

3. Realisasikan fantasi seks

Begitu Anda memiliki fantasi seksual dengan pasangan, sampaikanlah hal itu padanya dan buatlah jadwal untuk merealisasikannya.

"Menemukan hal-hal yang Anda berdua ingin coba adalah cara yang bagus untuk memperluas repertoar seksual Anda," kata Mallory.

4. Olahraga bersama

"Olahraga meningkatkan kepercayaan diri tubuh, yang dapat membantu meningkatkan libido," kata Leah Millheiser, MD, direktur Program Pengobatan Seksual Wanita di Stanford Hospital & Clinics.

Pada penelitian tentang gaya hidup dan seksualitas pada 2020, ditemukan bahwa olahraga meningkatkan gejala menopause dan dapat mencegah atau memperbaiki disfungsi ereksi.

5. Gunakan pelumas

Pelumas atau lubricant dapat menghindari rasa sakit saat bercinta. Meski tubuh memproduksi pelumas secara alami, kadang hal itu tidaklah cukup sehingga perlu menggunakan pelumas buatan.

"Jika kekeringan vagina menyebabkan rasa sakit saat berhubungan, coba gunakan pelumas seksual berbasis silikon atau pelembab vagina," saran Dr. Millheiser.

6. Ganti alat kontrasepsi

Perubahan hormonal yang dipengaruhi oleh alat kontrasepsi dapat berpengaruh pada gairah seks. Pil KB dapat menjadi salah satu penyebab turunnya libido.

Hal itu terjadi karena pil tersebut dapat mengurangi produksi testosteron pada tubuh sehingga penting untuk mempertimbangkan jenis alat kontrasepsi lainnya.



Simak Video "Karantina Akibat Corona Pengaruhi Gairah Seks, Bagaimana Mengatasinya?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)