Rabu, 07 Jul 2021 19:00 WIB

Bisakah COVID-19 Menular Lewat Hubungan Seks? Ini Faktanya

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
Young male and female in blue protective masks taking photo by phone on tripod at home Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

COVID-19 diketahui menular melalui droplets dan kontak fisik yang dekat dengan pasien terkonfirmasi. Karenanya, masyarakat diminta untuk menjaga jarak. Lalu, bagaimana dengan aktivitas seksual?

Aktivitas seksual dilakukan dengan melibatkan kedekatan fisik, seperti berciuman. Saat berciuman, tetesan (droplets) yang keluar dari mulut seseorang membuat virus corona dapat menyebar dengan mudahnya.

Dikutip dari The Washington Post, beberapa negara seperti Perancis bahkan melarang warganya untuk sekadar berciuman pipi demi menghindari risiko penularan.

Potensi penyebaran virus Corona melalui aktivitas seksual juga didukung oleh sebuah studi yang dipublikasikan di JAMA Open Network. Penelitian itu mengungkapkan bahwa virus corona juga terdeteksi dalam air mani.

Studi ini melibatkan 38 pria di Shangqiu Municipal Hospital dengan kasus terkonfirmasi COVID-19. Karena sampelnya yang sedikit, penelitian ini masih harus dipelajari lebih lanjut untuk mengetahui apakah virus corona dapat bereplikasi dalam sistem reproduksi pria.

Di samping itu, studi lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui berapa lama virus corona dapat bertahan hidup dalam air mani.

Selain air mani, virus corona juga pernah ditemukan dalam feses. Mengutip Planned Parenthood, virus yang ditemukan dalam feses ini sangat berisiko untuk menyebar. Sehingga, aktivitas seksual yang berhubungan dengan saluran anus pun berpotensi untuk menularkan virus.

Lalu bagaimana jika ingin melakukan aktivitas seksual tanpa khawatir akan terpapar virus?

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Pentingnya Pendidikan Seksual Sejak Dini untuk Cegah Pelecehan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)