Rabu, 07 Jul 2021 19:56 WIB

Catat! Ini Waktu Terbaik untuk Bercinta Agar Pasangan Cepat Hamil

Ardela Nabila - detikHealth
Shot of a couple lying under a blanket with hearts scattered on the bed Foto: Getty Images/PeopleImages
Jakarta -

Bagi pasangan yang tengah mendamba-dambakan keturunan, berbagai cara tentunya akan dilakukan agar kehamilan bisa cepat terjadi. Salah satunya adalah dengan menentukan kapan waktu yang paling tepat untuk bercinta agar istri cepat hamil.

Meski wanita bisa hamil kapan saja, tergantung siklus ovulasinya, kemungkinan untuk hamil bisa meningkat saat pasangan menyesuaikan waktu bercinta dengan ritme reproduktifnya.

Pasalnya, saat ovulasi, ovarium akan melepaskan sel telur ke tuba falopi sebelum siap untuk dibuahi oleh sperma. Saat sel telur sudah masuk ke tuba falopi, maka sel telur hanya memiliki waktu selama 12-24 jam untuk bertemu sperma.

Beruntungnya, sperma bisa menempel di dalam tuba falopi selama beberapa hari. Jadi, dapat disimpulkan bahwa waktu terbaik untuk bercinta agar cepat hamil adalah saat masa ovulasi.

Akan tetapi, wanita juga memiliki kemungkinan untuk hamil beberapa hari sebelum ovulasi. Sebab, sperma yang menempel di dalam tuba falopi bisa langsung membuahi saat sel telur datang.

Lantas, bagaimana cara mengetahui kapan wanita mulai memasuki siklus ovulasi? Dikutip dari laman What to Expect, pertama-tama, wanita bisa menentukan waktu rata-rata kapan ia datang bulan.

Cara menentukannya pun mudah, yaitu dengan menghitung jumlah hari yang dimulai sejak waktu menstruasi. Biasanya, waktu rata-ratanya adalah selama 28 hari.

Artinya, apabila wanita mulai menstruasi lagi 28 hari setelah waktu menstruasi sebelumnya, maka kemungkinan wanita mengalami ovulasi adalah pada hari ke 14 atau 16. Sehingga, hari ke 14 atau 16 setelah siklus menstruasi terakhir dimulai dapat dikatakan sebagai waktu paling ideal untuk berhubungan seks.



Simak Video "Seks Anal dan Risiko Kesehatannya"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)