Selasa, 21 Sep 2021 21:19 WIB

Viral Dokter Gigi Bisa Tahu Pasien yang Suka Seks Oral, Ini Faktanya

Firdaus Anwar - detikHealth
ilustrasi seks oral Ilustrasi seks. (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Di media sosial sering beredar unggahan mengenai kesehatan yang kemudian viral memicu diskusi di kalangan netizen. Salah satunya yang ramai soal bagaimana dokter gigi ternyata bisa mengetahui apakah pasiennya sering melakukan seks oral.

"Baru sadar kalau dokter gigi ternyata bisa tahu apakah seorang pasien baru saja melakukan (seks oral) atau tidak," tulis satu pengguna TikTok yang videonya sudah mendapat lebih dari 500 ribu like.

Dokter gigi Huzefa Kapadia dari Kapadia Dental Care menjelaskan hal ini berhubungan dengan luka memar atau iritasi yang khas pada langit-langit mulut disebut palatal petechiae. Sebenarnya kondisi ini bisa terjadi karena berbagai hal, salah satunya termasuk seks oral.

"Jadi contohnya bila Anda mengemut permen lolipop, satu atau dua permen mungkin tidak apa-apa. Tapi bila Anda mengemut banyak, banyak, permen... baru akan ada masalah," kata Hufeza seperti dikutip dari Health, Selasa (21/9/2021).

Palatal petechiae bukan hal yang permanen dan akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari. Saat ini terjadi seorang pasien mungkin akan merasa sedikit nyeri atau tidak nyaman pada bagian belakang langit-langit mulut.

Dokter gigi lainnya, Brad Podray, lewat video TikTok mengingatkan agar orang-orang tidak perlu merasa takut atau malu. Dokter gigi tidak akan secara spefisik mencari pasien dengan palatal petechiae lalu berpikir tentang seks oral.

"Kecuali pasiennya masih sangat muda dan menunjukkan tanda-tanda penganiayaan, kami tidak peduli," ungkap Brad.

"Orang-orang biasanya saja sudah takut pergi ke dokter gigi. Saya tidak ingin hal ini jadi sumber kecemasan lainnya yang membesar," pungkasnya.



Simak Video "Fakta Soal Mata Bengkak Gara-gara Sering Main Handphone"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/naf)