Senin, 27 Sep 2021 21:36 WIB

Cara Cerahkan Area Miss V Secara Alami Tanpa Obat

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
woman wearing white Sleepwear lying on bed . Female holding hand to spot of vagina-ache. Concept photo Penis pain.Health care concept,Soft focus Foto: Getty Images/iStockphoto/patchanan promunat
Jakarta -

Kulit di sekitar vagina biasanya cenderung lebih gelap dari kulit di daerah bagian tubuh yang lain. Dalam dunia medis, hal ini disebut sebagai hiperpigmentasi dan bukanlah hal yang mesti dikhawatirkan. Tetapi jika ingin mencerahkannya, ada cara yang bisa dicoba.

Dokter spesialis kulit dan kelamin dr Hanny Nilasari, SpKK(K), menyebut perubahan warna kulit ini dipengaruhi oleh efek hormonal. Pada wanita, daerah sekitar organ intim biasanya mulai mengalami perubahan warna di saat mengalami menstruasi. Perubahan warna kulit gelap ini juga bisa terjadi pada ibu hamil.

"Perubahan warna kulit bukan sesuatu yang harus diresahkan, karena itu bukan suatu penyakit," jelas dr Hanny dalam siaran live Instagram RSCM Kenanga, Senin, (27/9/2021).

Nah jika seseorang ingin memudarkan warna gelap di daerah sekitar vagina, dr Hanny menyarankan untuk menggunakan pelembab.

"Bisa menggunakan pelembab supaya warnanya menjadi lebih samar," jelasnya.

Lebih lanjut, hal yang paling penting adalah dengan menghindari gesekan. Gesekan pada kulit di sekitar kelamin bisa disebabkan oleh penggunaan celana dalam yang terlalu ketat.

"Biasanya kita menggunakan celana dalam yang bentuknya segitiga ya. Jarang sekali pakai celana dalam yang bentuknya segi empat. Karena kalau pakai yang segitiga itu pasti akan ada gesekan yang berlebihan dari karet yang ada," paparnya.



Simak Video "Friends with Benefits, Teman tapi Mesra Versi Upgrade"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)