Sabtu, 16 Okt 2021 19:39 WIB

7 Makanan Penambah Sperma, Makin Tokcer dan Berlimpah

Syifa Aulia - detikHealth
ilustrasi sperma Ilustrasi sperma. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Kualitas sperma menjadi salah satu faktor utama yang mempengaruhi kesuburan. Dalam hal ini, sistem reproduksi sangat bergantung dengan nutrisi dan vitamin yang dikonsumsi.

Cara memenuhinya adalah dengan mengonsumsi makanan bernutrisi yang terbukti dapat meningkatkan kualitas sperma. Beberapa makanan diketahui dapat meningkatkan produksi testosteron, sehingga jumlah dan kualitas sperma meningkat.

Dikutip dari Nova IVF Fertility, Sabtu (16/10/2021), daftar makanan dibawah ini sangat baik dikonsumsi oleh pria:

1. Bayam

Bayam mengandung asam folat yang berperan dalam perkembangan sperma yang sehat. Bayam disebut memiliki kadar asam folat yang lebih tinggi dibandingkan sayuran daun hijau yang lain. Hal ini dapat mengurangi jumlah sperma yang abnormal.

2. Telur

Mudah ditemukan dan biasa menjadi menu makanan sehari-hari, ternyata telur juga dapat dapat meningkatkan jumlah sperma karena mengandung protein. Selain itu, sperma dapat terlindungi dari kerusakan akibat radikal bebas sehingga kesuburan meningkat.

3. Pisang

Buah yang mengandung banyak vitamin seperti A, B1, dan C juga meningkatkan produksi sel sperma yang lebih sehat dan kuat. Kandungan Bromelain sebagai enzim langka ini dapat mencegah peradangan pada sperma.

4. Asparagus

Sayuran ini kaya akan vitamin C dan dapat mempengaruhi kesehatan sperma. Mengonsumsi asparagus dapat melawan radikal bebas dan melindungi sel-sel pada testis. Hal ini dapat meningkatkan kesuburan karena kualitas sperma yang sehat.

5. Akar maca

Akar maca dapat dijadikan ramuan karena dipercaya dapat meningkatkan jumlah sperma dan kesuburan.

6. Coklat hitam

Kandungan asam amino pada coklat hitam bernama L-Arginine HCI terbukti dapat meningkatkan jumlah sperma berkualitas baik yang berpengaruh terhadap kesuburan.

7. Kenari

Kenari merupakan golongan kacang-kacangan yang mengandung lemak dan protein sehat. Lemak sehat diperlukan pria untuk memproduksi membran sel pada sel sperma. Asam lemak omega-3 dalam kenari ini dapat meningkatkan aliran darah ke testis. Selain itu, kandungan argininnya dapat meningkatkan produksi sperma.



Simak Video "Seks Anal dan Risiko Kesehatannya"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)