Sabtu, 08 Jan 2022 22:30 WIB

6 Manfaat Orgasme Bagi Kesehatan Wanita, Bisa Lancarkan Haid

Atilah Tia Abelta - detikHealth
Shot of a couple lying under a blanket with hearts scattered on the bed Manfaat orgasme (Foto: Getty Images/PeopleImages)
Jakarta -

Orgasme dapat diartikan sebagai puncak gairah seksual, dan merupakan kenikmatan maupun sensasi fisik yang menakjubkan. Ada banyak manfaat orgasme yang bisa memberikan dampak bagi kesehatan tubuh khususnya untuk wanita.

Dikutip dari The Conversation, tingkat oksitosin atau yang dikenal sebagai 'hormon cinta' akan meningkat selama gairah seksual dan diperkirakan mencapai puncaknya selama orgasme. Hormon ini memiliki peran penting dalam keintiman bersama pasangan.

Wanita yang mencapai orgasme dalam berhubungan intim akan memperoleh berbagai manfaat kesehatan. Dikutip dari berbagai sumber, berikut informasinya.

1. Orgasme dapat melancarkan haid

Saat wanita mencapai orgasme, darah dan nutrisi mengalir ke vagina, sehingga turut membantu mengoptimalkan kesehatannya. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa wanita yang orgasme seminggu sekali lebih mungkin untuk memiliki siklus haid teratur, dibandingkan wanita yang jarang berhubungan seks.

2. Menurunkan risiko penyakit jantung

Orgasme dapat meningkatkan kadar hormon dehydroepiandrosterone (DHEA) dalam tubuh sehingga memberikan manfaat kesehatan yang positif. DHEA digunakan untuk meningkatkan memori dan fungsi otak, dan sebuah studi menemukan bahwa hal itu bisa menurunkan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung.

3. Menghilangkan stres

Dalam bukunya yang berjudul 'The Orgasms Answer Guide', seksolog Beverly Whipple mengutip hasil studi dari Carol Rinkleib Ellison. Ia menyebutkan bahwa orgasme dapat membuat tubuh rileks dan menghilangkan stres.

Hal ini terjadi karena adanya pelepasan hormon oksitosin dari sel-sel saraf di hipotalamus ke dalam aliran darah.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Jangan Sembarangan Bercinta di Bulan Puasa"
[Gambas:Video 20detik]