Minggu, 23 Jan 2022 21:00 WIB

Apa Penyebab Air Mani Encer? Ini Penjelasan Seksolog

Firdaus Anwar - detikHealth
Duh! Pria Ini Dipenjara Karena Ketahuan Menaruh Air Mani di Makanan Wanita Air mani encer, normalkah? (Foto: Juice Online/iStock)
Jakarta -

Air mani yang dikeluarkan pria saat ejakulasi bisa memiliki konsistensi yang beragam. Ada air mani yang tampak kental seperti jeli, tapi ada juga yang tampak cair.

Perbedaan kekentalan air mani ini bisa jadi hal yang mengundang pertanyaan bagi pria. Apakah ini normal terjadi atau ternyata ada dampaknya untuk kesuburan?

Bagi pria yang khawatir dengan air mani encer, seksolog dr Shah Dupesh dari Dr Shah's Clinic for Male Infertility & Sexual Health menjelaskan itu sebenarnya normal terjadi.

dr Shah mengaku memang banyak pria khawatir air mani yang encer berarti konsentrasi jumlah spermanya rendah. Padahal kenyataannya tidak selalu demikian.

"Sifat air mani yang tampak lebih cair sama sekali bukan petunjuk potensi kesuburan pria. Untuk mengetahui apakah air mani Anda memiliki sperma yang cukup bisa dengan analisis sperma," kata dr Shah dalam kanal Youtube-nya Dr. Shah Dupesh seperti dikutip pada Minggu (23/1/2022).

"Dari semua pasien kami yang memiliki air mani encer, hampir semuanya tidak menunjukkan korelasi antara jumlah sperma dengan kekentalan air mani," lanjutnya.

Apa penyebab air mani encer?

dr Shah menjelaskan tingkat kekentalan air mani seseorang bisa ditentukan oleh berbagai faktor, mulai dari status nutrisi, hidrasi, tingkat kebugaran tubuh, hingga adanya penyakit komorbid.

"Ada banyak sekali faktornya. Jadi bila memang air mani Anda cair tolong tidak usah khawatir dan panik berlebihan," pungkas dr Shah.



Simak Video "Jarang Ejakulasi Sebabkan Kanker Prostat?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/kna)