Kamis, 24 Mar 2022 19:30 WIB

Amankah Pakai Minyak Kelapa untuk Pelumas Saat Bercinta?

Dzihni Ismah Hanifah - detikHealth
Intimate moment of two lovers in shower, sexual desire and passion, relationship. ilustrasi seks Ilustrasi bercinta (Foto: Getty Images/iStockphoto/Motortion)
Jakarta -

Banyak yang bilang jika minyak kelapa bisa dipakai sebagai pengganti pelumas saat vagina sedang kering ketika bercinta. Apakah aman?

Menurut studi tahun 2014 yang dipublikasikan dalam International Journal of Life Sciences Research, minyak kelapa bisa saja dipakai untuk melembabkan vagina saat penetrasi. Bahkan sebuah penelitian mengatakan hampir 66 persen dari 1.021 perempuan lebih memilih minyak kelapa sebagai pelembab vagina.

Belum diketahui pasti dampak dari memakai minyak kelapa untuk vagina selain efeknya yang melembabkan saja. Tapi, bukan berarti minyak kelapa tidak aman dipakai sebagai pelumas.

Justru, minyak kelapa bisa menjadi alternatif lainnya saat kita tidak memiliki pelumas saat bercinta dengan pasangan.

Amankah menggunakan minyak kelapa untuk pelumas?

Sifat melembabkan minyak kelapa membuat bahan alami ini dapat dijadikan pelumas bercinta dan memungkinkan hubungan seks bertahan lebih lama.

Namun, para ilmuwan belum melakukan penelitian mengenai keamanan atau efektivitas minyak kelapa yang digunakan sebagai pelumas. Secara umum minyak ini aman digunakan pada kulit.

Bagi wanita yang telah mengalami menopause, minyak kelapa bisa sangat membantu. Karena menopause dapat membuat vagina terasa kering dan sakit saat berhubungan seks.

Selain itu, bagi wanita yang alergi atau sensitif terhadap bahan kimia maka pelumas alami ini juga dapat menjadi alternatif. Namun, pastikan memilih minyak kelapa tanpa tambahan apa pun.

Sementara jika ingin menggunakannya, maka dapat mengoleskan sedikit minyak kelapa di sekitar vagina dan pada vulva.



Simak Video "Formula Cegah Kekerasan Seksual Anak di Sekolah"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)