ADVERTISEMENT

Jumat, 01 Jul 2022 08:31 WIB

Istri Jarang Minta 'Jatah' Duluan? Ini Tips untuk Suami dari Psikolog

Firdaus Anwar - detikHealth
We have a problem. Young upset girl sitting on the edge of the bed, against her boyfriend, lying in bed. Frustrated sad girlfriend sit on bed think of relationship problems, thoughtful couple after quarrel lost in thoughts Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/dragana991
Jakarta -

Dalam kehidupan rumah tangga, ada saja hal yang bisa memicu perdebatan. Misalnya saja perihal siapa yang lebih sering mengajak bercinta duluan.

Mungkin saja suami lebih sering minta 'jatah', sementara istri hanya menerima ajakan atau bahkan mungkin beberapa kali menolak.

Psikolog klinis dari RS Pondok Indah - Puri Indah, Meriyati, MPsi, Psi, memberi saran untuk mengatasinya perlu komunikasi yang lebih baik antara suami istri. Ini karena gairah bercinta untuk wanita akan sangat tergantung dengan perasaan atau emosinya saat itu.

"Misalnya jika istri sedang kesal, sedih, merasa malu dengan bentuk tubuhnya yang sudah tidak seperti dulu, kelelahan dengan sederetan kerjaan rumah tangga, tugas sekolah, kebutuhan anak-anak, memikirkan pekerjaannya sendiri, maka seks tidak ada dalam pikirannya," kata Meriyati pada detikcom beberapa waktu lalu.

"Agar istri merasa nyaman, tampil apa adanya, dan dapat lebih terbuka maka perlu menciptakan kedekatan/ikatan emosional di antara suami dan istri," lanjutnya.

Hal yang bisa dilakukan sebagai contoh suami bisa saja membantu istri yang sedang kelelahan, memberi pujian, atau menjadi pendengar yang baik. Bisa juga dengan melakukan hal-hal yang menunjukkan kasih sayang untuk istri seperti memeluknya, mencium kening, atau memijat tanpa alasan.

"Jangan sampai istri selalu berpikir bahwa suami menyentuhnya hanya demi seks. Mungkin itulah sebabnya seringkali istri jadi menghindari bermesraan dengan suami karena ujung-ujungnya seks," pungkas Meriyati.



Simak Video "Mindful Demography, Cara Unik Kurangi Overthinking"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT