ADVERTISEMENT

Sabtu, 02 Jul 2022 05:30 WIB

6 Makanan Pembunuh Gairah Seks, Bikin Turn Off Saat Bercinta

Christina Butarbutar - detikHealth
ilustrasi pasangan sedih Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Zat yang dapat memadamkan atau menurunkan libido disebut anafrodisiak. Di dalam makanan yang kita konsumsi sehari-hari, tanpa disadari terdapat beberapa zat anafrodisiak.

Untuk itu, kita perlu memperhatikan secara bijak dan mengurangi konsumsi makanan-makanan ini sebelum melakukan hubungan seksual.

Berikut 6 makanan yang dapat membunuh gairah seksual Anda, dikutip dari Reader's Digest:

1. Olahan kacang kedelai

Dalam sebuah penelitian menyatakan bahwa makanan berbasis kedelai seperti tahu atau tempe dapat menurunkan testosteron dan jumlah sperma.

Tetapi ada penelitian lain yang gagal menjelaskan hubungan langsung antara kedelai dan libido dan testosteron.

2. Makanan berlemak jenuh tinggi

Makanan yang digoreng mengandung lemak jenuh tinggi. Lemak jenuh dapat berdampak buruk karena mampu mendorong penyumbatan arteri, aliran darah tidak lancar, bertambahnya berat badan dan disfungsi ereksi yang berperan memadamkan atau menurunkan dorongan seks.

"Jika Anda makan dengan buruk, Anda cenderung menjadi gemuk dan memiliki masalah seperti diabetes atau tekanan darah tinggi, yang semuanya itu dapat mempengaruhi libido Anda," ucap dr Brahmbhatt dari THe PUR Clinic.

"Yang terbaik adalah dengan memperhatikan secara bijak makanan hari ini untuk kehidupan seks yang lebih sehat saat besok." ucapnya.

Contoh makanan lain yang harus dihindari karena mengandung lemak jenuh tinggi adalah daging merah dan keju.

3. Minyak nabati

Beberapa minyak nabati mengandung lemak tak jenuh ganda yang tinggi dan dapat menyebabkan kadar testosteron menurun secara drastis.

Menurut Klinik Columbus Men di Columbus, Ohio, testosteron berperan dalam libido pria dan wanita.

Maka pertimbangan keputusan lain yang dapat digunakan yaitu menggunakan minyak zaitun saat timbul kekhawatiran tak ingin terkena dampak buruknya.

4. Garam

Garam dinilai mampu membuat cita rasa makanan jadi lebih enak. Namun sayangnya, garam si asin ini ternyata bisa menurunkan gairah seks.

Maka itu, kita perlu untuk memperhatikan asupan natrium dalam keseharian.

Menurut Cleveland Clinic di Cleveland, Ohio, garam yang kaya akan mineral ini ternyata dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan dapat menurunkan libido baik pria maupun wanita.

5. Alkohol

Minum alkohol berlebihan dapat menyebabkan testosteron lebih rendah.

"Seseorang yang meminum alkohol secara berlebihan akan berdampak pada testosteron yang lebih rendah dan kadar estrogen lebih tinggi. Secara kombinasi, hal ini dapat mempengaruhi libido seseorang," ucap dr Brahmbhatt.

Meskipun sedikit mengkonsumsi minuman keras dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang.

Alkohol adalah penekan sehingga terlalu banyak pada akhirnya dapat mengurangi hasrat seksual.

6. Gula

Hampir semua orang menyukai makanan manis. Namun, asupan manis harus dibatasi agar tidak menimbulkan penyakit.

"Gula membutuhkan insulin untuk di proses. Peningkatan insulin yang konstan ini dikaitkan dengan kadar testosteron yang rendah." ucap dr Brahmbhatt.

Karbohidrat berat seperti pasta juga bisa berubah menjadi gula, yang kemudian meningkatkan kadar glukosa darah dan menyebabkan pankreas memproduksi lebih banyak insulin.



Simak Video "Alasan Harus Berhenti Ikutan Fenomena FWB Menurut dr Boyke"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT