ADVERTISEMENT

Minggu, 03 Jul 2022 09:09 WIB

Hari Gini Pakai 'Doping'? Ini 7 Cara Alami Dongkrak Libido

Christina Butarbutar - detikHealth
Shot of a couple lying under a blanket with hearts scattered on the bed Cara alami meningkatkan libido (Foto: Getty Images/PeopleImages)
Jakarta -

Menurunnya gairah seksual atau libido pada pria dan wanita akan menjadi suatu permasalahan yang serius. Ada beberapa tips alami meningkatkan libido pada pria dan wanita.

Libido atau yang disebut dengan dorongan seks pada pria dan wanita memiliki beragam variasi. Dorongan seks yang rendah akan menjadi permasalahan yang serius bila terus dibiarkan. Hal ini dapat mempengaruhi hubungan dan harga diri dari pria dan wanita.

Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi libido pada pria dan wanita seperti kecemasan, kesulitan hubungan, masalah kesehatan, pola hidup, dan usia. Beberapa jenis obat bisa membantu mengatasinya. Tapi sebelum berpikir ke sana, pertimbangkan dulu untuk mengatasinya secara alami.

7 Tips alami untuk meningkatkan libido

Beberapa cara alami untuk meningkatkan libido adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan kualitas hubungan

Untuk meningkatkan libido, setiap pria dan wanita harus memperhatikan kualitas hubungannya. Banyak orang yang sepele terkait hasrat dan frekuensi seksual pada titik-titik tertentu dalam suatu hubungan. Meningkatkan kualitas hubungan dapat dipraktekkan seperti kencan malam, quality time satu sama lain dan membangun komunikasi yang terbuka.

2. Fokus foreplay

Memiliki pengalaman seksual yang lebih baik dapat meningkatkan keinginan seseorang untuk berhubungan seks, sehingga meningkatkan libido. Menghabiskan banyak waktu untuk foreplay dapat dilakukan dengan menyentuh, berciuman, menggunakan mainan seks, dan melakukan seks oral.

Dikutip dari medicalnewstoday, ada penelitian di tahun 2017 yang menyebutkan sekitar 18 persen wanita yang orgasme dari hubungan penetrasi. Sementara 33,6 persen menyatakan bahwa stimulasi klitoris diperlukan bagi wanita untuk orgasme. Maka dari itu, foreplay sangat penting bagi wanita.

3. Makan makanan bergizi

Makan makanan yang kaya sayuran, rendah gula, dan tinggi protein tanpa lemak dapat membantu untuk meningkatkan libido.

4. Istirahat yang berkualitas

Untuk meningkatkan libido, tidur yang berkualitas dapat diterapkan pria dan wanita. Istirahat yang berkualitas mampu mempengaruhi suasana hati dan tingkat energi seseorang secara keseluruhan.

Dalam studi tahun 2015, wanita menunjukkan tidur lebih banyak di malam hari mampu meningkatkan hasrat seksualnya. Wanita yang melaporkan waktu tidur diatas rata-rata mengaku memiliki gairah genital yang lebih baik daripada mereka yang memiliki waktu tidur lebih pendek.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Cegah Cacar Monyet, WHO Minta Masyarakat Hindari Seks Bebas"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT