Wanti-wanti Dokter Jika Wanita Sering Masturbasi

ADVERTISEMENT

Wanti-wanti Dokter Jika Wanita Sering Masturbasi

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Kamis, 14 Jul 2022 06:30 WIB
ilustrasi pasangan orgasme
Efek masturbasi pada wanita (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Masturbasi merupakan sebuah aktivitas seksual yang dapat dilakukan pria maupun wanita. Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan rangsangan pada diri sendiri untuk mencapai orgasmenya.

Namun banyak muncul pertanyaan, khususnya pada wanita, apakah wanita yang sering melakukan masturbasi bisa berefek pada vagina atau menjadi penyebab sulit hamil?

Menanggapi ini, dokter spesialis kandungan dari Primaya Evasari Hospital dr Syafriani Tanjung, SpOG, mengatakan ini tergantung pada metode masturbasi yang dilakukan.

"Jika masturbasi tersebut menggunakan alat yang dimasukkan ke dalam vagina dan alat tersebut tidak bersih, tentu saja dapat menyebabkan timbulnya infeksi pada vagina, yang kadang bisa memberikan gejala keputihan," jelas dr Syafriani pada detikcom, Selasa (12/7/2022).

Lalu, apakah kegiatan ini bisa membuat seseorang sulit untuk hamil?

dr Syafriani menjelaskan bisa jadi kegiatan ini membuat seseorang sulit untuk hamil. Hal ini ditandai dengan gejala keputihan yang terus berlanjut.

"Jika keputihan ini berlanjut dan semakin berat, tentu saja bisa menjadi salah satu penyebab seorang wanita untuk susah hamil," kata dia.

"Maka dari itu, para dokter sangat menyarankan untuk menjaga kesehatan vagina," ujarnya.



Simak Video "Aman Nggak Kalau Masturbasi Keseringan?"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT