ADVERTISEMENT

Jumat, 02 Sep 2022 19:32 WIB

5 Hal yang Terjadi pada Tubuh Saat Bercinta, Alami Salah Satunya?

Alethea Pricila - detikHealth
Intimate moment of two lovers in shower, sexual desire and passion, relationship. ilustrasi seks Ilustrasi seks. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Motortion)
Jakarta -

Ada banyak hal yang akan terjadi saat berhubungan seks. Terjadi perubahan yang terjadi pada seseorang selama bercinta bukan hanya semakin bergairah dan sensitif, melainkan juga seluruh proses mulai dari hasrat hingga klimaks. Tubuh juga akan melakukan beberapa reaksi fisiologis mulai dari kepala hingga jari kaki.

Seorang profesor klinis kebidanan dan ginekologi, Lauren Streicher, MD, ketika berhubungan seksual menyebut setiap organ bekerja untuk menghasilkan hal yang terbaik bukan hanya hormon.

"Ada begitu banyak organ dan sistem yang terlibat dalam fungsi seksual, dan Anda membutuhkan banyak organ untuk bekerja agar semua berjalan dengan baik," ujarnya dikutip dari Prevention.

Ini lima hal yang terjadi pada tubuh saat berhubungan seks:


1. Hormon Otak Menjadi Sibuk

Libido dimulai dari otak. Saat gairah seksual meningkat, adrenalin mulai terpompa bukan hanya estrogen tetapi juga testosteron dan progesteron. Sementara otak tidak memproduksi estrogen atau testosteron, reseptor untuk hormon-hormon penting itu diaktifkan di otak.

Selama dan setelah berhubungan seks, endorfin melonjak, menyebabkan perasaan euforia, relaksasi yang mendalam, dan kadang-kadang bahkan lebih sedikit rasa sakit.

2. Hati Berdebar

Saat bercinta, seseorang akan bersemangat dan tubuh melakukan aktivitas fisik. Tubuh akan membutuhkan darah sehingga detak jantung meningkat untuk memompa darah ke seluruh tubuh dengan fokus khusus pada alat kelamin. Tingkat pernapasan akan meningkat sehingga membantu jantung untuk mempertahankan kecepatan.

3. Pembuluh Darah Melebar

Saat detak jantung meningkat, pembuluh darah melebar sehingga memungkinkan lebih banyak darah mengalir ke zona sensitif seksual.

"Lebih banyak aliran darah ke alat kelamin adalah alasan mengapa seorang pria mengalami ereksi dan seorang wanita mulai melumasi," jelas Streicher.

4. Payudara Membesar

Aliran darah ke payudara akan lebih besar dan lebih sensitif ketika berhubungan seksual. Dikutip dari Bustle, selama bercinta, payudara akan membesar sebanyak 25 persen dari ukuran normal.

5. Kontraksi Otot

Ada beberapa otot yang akan berkontraksi, seperti otot panggul dan otot perut dan kaki. Hal ini merupakan reaksi alami yang dilakukan oleh tubuh untuk relaksasi sebelum mencapai orgasme.



Simak Video "WHO Soroti Hal Ini Terkait Ancaman Cacar Monyet yang Kian Serius"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT