Pasutri Wajib Tahu, Ini 5 Efek Buruk Pada Tubuh Jika Berhenti Bercinta

ADVERTISEMENT

Pasutri Wajib Tahu, Ini 5 Efek Buruk Pada Tubuh Jika Berhenti Bercinta

Nurul Febian Danari - detikHealth
Sabtu, 03 Sep 2022 19:30 WIB
Intimate moment of two lovers in shower, sexual desire and passion, relationship. ilustrasi seks
Foto: Getty Images/iStockphoto/Motortion
Jakarta -

Berbagai alasan dapat menjadi faktor di balik berhentinya hubungan seks di antara pasangan. Baik dikarenakan hubungan yang renggang atau menurunnya ketertarikan terhadap pasangan yang menyebabkan aktivitas seksual menjadi berkurang. Hal ini akan memengaruhi kondisi tubuh, baik secara fisik maupun mental.

Dikutip dari Flo.Health, berikut adalah hal-hal yang mungkin terjadi pada tubuh jika berhenti berhubungan seksual:

1. Sistem Imun

Pada hubungan seksual secara aktif dapat meningkatkan sistem imun dan menjaga tubuh dari serangan penyakit dengan cara melepaskan endorfin. Hal ini berarti, seseorang yang berhenti melakukan seks akan lebih rentan terkena penyakit seperti flu dan batuk. Sebuah penelitian terhadap sampel saliva mahasiswa yang rutin berhubungan seksual memiliki konsentrasi tinggi dalam menghasilkan antibodi tertentu yang disebut immunoglobulin A, guna membantu mencegah penyakit.

2. Kesehatan Vagina

Berhubungan seksual setelah jeda yang panjang akan terasa tidak nyaman. Hal ini disebabkan tubuh wanita membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk terangsang dan memproduksi cairan pelumas alami saat berhubungan intim.

Namun hal ini hanya membutuhkan penyesuaian bagi tubuh terhadap intimasi bagi wanita yang sudah lama tidak melakukan aktivitas seksual.

3. Kesehatan Kardiovaskular

Penurunan aktivitas seksual umumnya akan meningkatkan resiko penyakit kardiovaskular. Hubungan seksual membantu menjaga keseimbangan kadar estrogen dan progesteron yang dapat menurunkan resiko penyakit jantung. Sebaliknya, jika aktivitas seksual menurun atau bahkan berhenti, hal ini justru meningkatkan resiko penyakit jantung.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT