6 Cara Simpel Mendongkrak Jumlah Sperma, Makin Tokcer dan Berlimpah

ADVERTISEMENT

6 Cara Simpel Mendongkrak Jumlah Sperma, Makin Tokcer dan Berlimpah

Nurul Febian Danari - detikHealth
Jumat, 16 Sep 2022 21:01 WIB
ilustrasi sperma
Makanan pendongkrak jumlah sperma (Foto: iStock)
Jakarta -

[Kebiasaan hidup tidak sehat dapat menjadi salah satu pemicu sperma yang kurang sehat pula. Ini berpengaruh pada kesempatan hamil yang rendah. Berikut tips yang mungkin bisa membantu.]

Pasangan suami istri banyak yang menantikan kabar kehamilan atau kehadiran sang buah hati. Tentu berbagai cara dilakukan agar segera dapat momongan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menaikkan kadar sperma sehingga kesempatan hamil lebih tinggi.

Sperma yang sehat diperlukan menaikkan tingkat untuk kesuburan. Air mani normal mengandung 40 juta hingga 300 juta sperma per mililiter. Jumlah sperma yang dianggap rendah antara 10 dan 20 juta sperma per mililiter. Jumlah ini mungkin tetap memadai untuk kehamilan hanya jika sperma sehat.

Dikutip dari Healthline, berikut tips untuk sperma lebih sehat sekaligus menaikkan jumlah sperma pada pria.

1. Menurunkan Berat Badan

Jika Anda merasa kelebihan berat badan atau kurang ideal, menurunkan berat badan menjadi pilihan pertama yang dapat dilakukan. Ini merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk meningkatkan jumlah sperma.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa penurunan berat badan dapat secara signifikan meningkatkan volume air mani, konsentrasi, dan mobilitas keseluruhan sperma. Perubahan jumlah sperma ditemukan pada pria dengan indeks massa tubuh lebih tinggi. Kehilangan sebagian kecil berat badan, bahkan dapat membantu.

2. Olahraga

Tetap bergerak aktif dan menjalani gaya hidup sehat dapat membantu meningkatkan jumlah sperma. Studi mengungkapkan bahwa angkat beban atau olahraga di luar ruangan dapat membantu kesehatan sperma lebih dari jenis olahraga lainnya.

3. Konsumsi Vitamin

Jenis vitamin yang penting dikonsumsi untuk kesehatan sperma adalah vitamin D, E, C, dan CoQ10. Mengonsumsi 1000 mg vitamin C setiap hari dapat membantu konsentrasi dan mobilitas sperma pada pria. Secara jumlah tidak mungkin tidak bertambah, tetapi dapat menjadikan sperma lebih terkonsentrasi dan mampu bergerak lebih efisien. Ini tentu dapat meningkatkan peluang untuk hamil.



Simak Video "Infeksi Corona Disebut Berpotensi Bikin Mandul"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT