Pria Merapat! Ternyata Tidur Telanjang Punya Banyak Manfaat Lho

ADVERTISEMENT

Pria Merapat! Ternyata Tidur Telanjang Punya Banyak Manfaat Lho

Fadilla Namira - detikHealth
Sabtu, 17 Sep 2022 19:30 WIB
Closeup side view of late 20s couple kissing in bed which probably leads to some love making. They are both still wearing pajamas and everything is decent.
ilustrasi (Foto: Istock)
Jakarta -

Pakaian adalah kebutuhan utama manusia untuk beraktivitas sehari-hari. Semakin berkembangnya zaman, ada beragam gaya pakaian yang kini menjadi tren dan digemari masyarakat.

Bahkan, tak jarang kita lihat baju tidur atau pajamas sering dijual dengan bentuk dan bahan yang bermacam-macam. Namun, tahukah jika tidur dalam keadaan telanjang memiliki tingkat kesehatan yang lebih tinggi?

"Tidur telanjang dapat membuat tidur lebih nyenyak, meningkatkan harga diri, menurunkan tingkat stres, meningkatkan keintiman dengan pasangan, dan banyak lagi," kata Dr Po-Chang Hsu, pakar medis di SleepingOcean.com.

Sebuah laporan studi oleh National Institute of Child Health and Human Development, Maryland, dan Stanford University menemukan pria yang mengenakan celana dalam berjenis boxer di siang hari dan telanjang di malam hari, memiliki 25 persen lebih sedikit fragmentasi DNA dalam sperma mereka dibandingkan dengan pria yang mengenakan celana ketat siang dan malam.

Selain itu, masih banyak lagi manfaat tidur telanjang bagi kaum pria. Dikutip dari Independent, berikut informasinya:

Manfaat dari Tidur Telanjang

1. Meningkatkan Jumlah Sperma

Tidur dengan keadaan telanjang sepertinya masih jarang dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Padahal kebiasaan tidur ini baik untuk pria karena dapat meningkatkan kualitas sperma.

Menurut dokter spesialis obesitas dan nutrisi, dr Edibel Quintero, tidur telanjang memberikan sirkulasi udara yang lebih besar pada organ vital. Hal itu akan menjaga kondisinya tetap kering dan mengurangi kemungkinan infeksi bakteri.

"Suhu panas di dekat selangkangan tidak baik untuk pria karena suhu tinggi dapat mempengaruhi jumlah sperma," jelas dr Edibel.

2. Mengurangi Risiko Penyakit

Pria yang menggunakan celana dalam ketat rentan terkena infeksi jamur di selangkangan atau dikenal sebagai Jock Strap Itch. Selain itu, efek dari suhu panas pada organ vital dianggap merusak produksi testosteron.

Pakar kesuburan terkemuka dan profesor andrologi di University of Sheffield, Allan Pacey, mengatakan suhu testis yang terpapar melalui suhu panas di tempat kerja atau mengenakan pakaian dalam yang ketat, memiliki air mani yang lebih buruk dibandingkan dengan pria yang testisnya di suhu normal.

3. Hubungan Semakin Romantis

Tidur tanpa menggunakan baju dapat meningkatkan keintiman pada pasangan. Sentuhan antara kulit mendorong pelepasan oksitosin atau hormon cinta. Tanpa sadar otak akan memproduksi hormon ini, lalu munculah rasa kepercayaan, kedekatan, dan empati untuk membangun hubungan yang baik kepada pasangan.

Selain meningkatkan hubungan intim, seorang ahli ilmu tidur, Marten Carlson, mengungkapkan manfaat lainnya, seperti mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur.

Saksikan juga Sosok minggu ini: Minie Sudjarwo, Si Bodybuilder Cantik

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT