ADVERTISEMENT

Minggu, 18 Sep 2022 21:00 WIB

Kapan Payudara Wanita Berhenti Tumbuh? Begini Kata Pakar

Irene Putri Wibowo - detikHealth
Ilustrasi Mengecilkan Payudara Ilustrasi payudara. Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Banyak wanita yang mengalami perubahan ukuran payudara seiring bertambahnya usia. Nyatanya, jika wanita mengalami masa kehamilan dan menopause otomatis akan merubah tampilan atau ukuran payudara.

"Ada beberapa wanita yang saat mengalami kenaikan berat badan, payudara juga akan bertumbuh kembali. Ada juga yang memiliki anak dan menyusui, maka payudara akan bertumbuh kembali serta tidak mengalami penyusutan. Dalam berbagai peristiwa saat menopause, payudara akan bertumbuh lagi," jelas pakar, dikutip dari Daily Star.

Namun, banyak wanita yang menyatakan bahwa mereka mengalami perubahan ukuran payudara saat usia 20-an, meskipun tidak memiliki anak atau berat badan yang bertambah.

Benarkah Payudara Wanita Dapat Tumbuh Kembali Pada Usia Akhir 20-an?

"Tidak ada bukti medis secara nyata bahwa payudara dapat mengalami pubertas kedua. Namun terdapat beberapa wanita yang mengalami perkembangan payudara hingga pertengahan usia 20-an, jadi pertumbuhan payudara masih bisa terjadi pada awal usia dua puluhan," jelas Pundrique Sharma, seorang konsultan ahli bedah plastik, rekonstruksi, dan estetika di The Harley Medical Group.

Ia juga menambahkan bahwa hormon dapat menyebabkan pertumbuhan payudara, salah satunya hormon estrogen. Tak hanya itu, kadar lemak dan genetika juga memengaruhi pertumbuhan payudara.

Pada dasarnya payudara bisa tiba-tiba tumbuh jika kadar hormon di dalam tubuh kita berubah. Namun ada faktor lain yang dapat mengubah ukuran payudara, yakni kontrasepsi dan kehamilan.

Dokter juga menambahkan faktor lain seperti kulit di sekitar payudara, dapat berdampak besar pada penampilan payudara. "Seiring dengan bertambahnya usia kulit, payudara cenderung kehilangan elastisitas yang dapat mengubah penampilan payudara, terutama pada wanita usia 20-an hingga 30-an," ungkapnya.

Namun, wanita tetap harus bisa mengenal payudaranya sendiri dan memantau jika ada perubahan yang terjadi. Selain itu juga harus waspada terhadap tanda-tanda kanker payudara.

Termasuk perubahan yang tidak biasa seperti benjolan pada payudara, jika hal ini terjadi segera kunjungi dokter terdekat.



Simak Video " Awal Mula Marshanda Idap Tumor Payudara"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT