Sabtu, 10 Feb 2018 10:18 WIB

True Story

So Sweet! Ketika Kate Winslet Bantu Pasien Kanker yang Sekarat

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Walaupun bukan pasangan, keduanya dikenal sangat serasi. Namun tak cukup itu saja. Baru-baru ini mereka mengadakan aksi amal yang luar biasa.

Kisah ini terungkap saat Kate Winslet tampil di sebuah acara bincang-bincang pagi. Ia mengaku tengah membantu seorang pasien kanker yang sangat membutuhkan pengobatan yang belum dijamin di Inggris.

Namanya Gemma Nuttall. Gemma didiagnosis dengan kanker ovarium di tahun 2013, saat sedang berbadan dua.

Pada waktu itu, dokter menawarkan sebuah pengobatan terobosan untuk menyembuhkannya. Namun ini harus dibayar mahal dengan kandungannya. Gemma memutuskan untuk bertahan hingga bayinya lahir.

Setelah itu, Gemma segera menjalani kemoterapi. Sayangnya meski telah menjalani serangkaian pengobatan, kankernya kembali lagi setahun kemudian. Saat itu dokter telah memprediksi jika usianya hanya tinggal enam bulan lagi.

Baca juga: Peduli Anak dengan Kanker, Artis-Artis Ini Siap Botakin Rambut
Gemma dan putrinya, Penelope. (Foto: Facebook/Gemma Nuttall)Gemma dan putrinya, Penelope. (Foto: Facebook/Gemma Nuttall) Foto: Facebook/Gemma Nuttall

Saat itulah kisah Gemma menarik perhatian Kate Winslet. Dalam acara itu, Kate terinspirasi oleh kisah ibunya sendiri yang meninggal karena kanker ovarium Mei silam. Sang ibu akhirnya menghembuskan nafas terakhir setelah empat tahun berjibaku melawan kanker tersebut.

"Secara tak sengaja saya melihat sebuah petisi, saya lupa entah itu Gemma atau seseorang yang mengatasnamakan dirinya, melakukan kampanye agar imunoterapi bisa didapat dari NHS dan saya langsung patah hati. Kupikir wanita muda ini mungkin harus menunggu bertahun-tahun lagi untuk bisa mendapatkan akses pengobatan ini," tuturnya.

Aktris berusia 47 tahun itu kemudian menghubungi ibu Gemma, Helen yang melakukan penggalangan dana lewat situs GoFundMe. Pengobatan yang dibutuhkan Gemma adalah enam sesi imunoterapi dengan biaya 98.000 dollar AS untuk sekali kunjungan.

Ketika itu mereka berhasil mengumpulkan 280.000 dollar AS dan saat itulah Kate langsung teringat sahabatnya, Leonardo DiCaprio. "Bisakah kita melakukan makan malam amal? Dia malah menimpali 'Bagaimana kalau datang bersamaku ke St Tropez, ke acara penggalangan dana untuk yayasanku (Leonardo DiCaprio Foundation, red), dan kita akan melelang makan malam bersama Jack dan Rose," ungkap Kate.

Sukses besar, di bulan Juli 2016, keduanya berhasil melelang tiga acara makan malam dan mengumpulkan 1,35 juta dollar AS yang kemudian dibagi untuk Gemma dan yayasan Leo yang bergerak di bidang konservasi.

Dana ini dipergunakan untuk membiayai pengobatan Gemma di Hallwang Clinic, sebuah klinik spesialis kanker di Jerman. "Saya telah berkomunikasi dengan Gemma dan ibunya, Helen, dan kami sangat gembira ketika kami bisa mengirim Gemma ke Hallwang untuk sesi pengobatan pertamanya," lanjutnya.

Baca juga: Siram Tubuh dengan Es, Selebriti dan Atlet Kumpulkan Donasi Rp 267 M

Gemma pun mengutarakan rasa terima kasihnya kepada bintang Titanic tersebut. "Terima kasih saja tak cukup aku berikan untuk Kate. Tanpa donasinya dan donasi masyarakat, kisahku mungkin berbeda," kata wanita asal Lancashire itu kepada Mirror.

Namun Kate mengatakan dana yang terkumpul belumlah memadai, sebab Gemma membutuhkan 6 sesi imunoterapi.

"Bergabunglah dengan saya untuk mendukung ibu berusia 28 tahun ini! Mari lakukan yang terbaik untuk putrinya, Penelope, yang begitu mencintai dan membutuhkan ibunya ini. Kita mungkin bisa menyelamatkan nyawanya dengan pengobatan ini!" pesannya.
Gemma dan ibunya, Helen. (Foto: Facebook/Gemma Nuttall)Gemma dan ibunya, Helen. (Foto: Facebook/Gemma Nuttall) Foto: Facebook/Gemma Nuttall
(lll/up)
News Feed