Kamis, 22 Feb 2018 12:30 WIB

Penampakan Spons Operasi yang Tertinggal Bertahun-tahun di Tubuh Pasien

Firdaus Anwar - detikHealth
Spons yang sudah terbungkus oleh serat-serat tubuh. (Foto: The New England Journal of Medicine) Spons yang sudah terbungkus oleh serat-serat tubuh. (Foto: The New England Journal of Medicine)
Jakarta - Seorang pasien wanita berusia 42 tahun dari Jepang datang ke dokter dengan keluhan kembung di perut bawah yang sudah dialaminya selama tiga tahun terakhir. Ia diketahui pernah menjalani operasi caesar dua kali yaitu enam tahun yang lalu dan sembilan tahun yang lalu.

Menariknya ketika dr Takeshi Kondo dari Chiba University Hospital melakukan pemeriksaan dari luar tubuh pasien terasa ada benda padat dekat tulang panggul sebelah kiri dan kanan. Foto rontgen pun menunjukkan apa yang tampak seperti "struktur berserabut padat".

Baca juga: Alat Bedah Dipasangi Sensor Agar Tak Tertinggal di Dalam Tubuh

Lewat operasi dr Takeshi berhasil mengeluarkan dua benda tersebut. Setelah dibelah baru ketahuan bahwa isinya adalah spons yang sudah diselimuti oleh dinding serat-serat tubuh. Diduga spons ini sudah bertahun-tahun tertinggal di perut pasien bekas dari operasi caesar.

Penampakan Spons Operasi yang Tertinggal Bertahun-tahun di Tubuh PasienFoto: The New England Journal of Medicine


Menurut dr Takeshi spons memang umum digunakan oleh dokter kandungan saat operasi caesar untuk mencegah usus menghalangi jalan. Hanya saja setiap operasi biasanya dokter memiliki daftar pengecekan untuk mencegah kejadian ada barang tertinggal di tubuh pasien.

Analisa yang dilakukan peneliti tahun 2013 menyebut kasus barang tertinggal di tubuh setelah operasi jarang terjadi. Diperkirakan angkanya berkisar satu dari 5.500 operasi hingga satu dari 18.760 operasi.

Pada kasus ini sendiri sang pasien wanita dilaporkan bisa pulih sempurna dan keluhan kembungnya hilang.

"Dia (pasien -red) sudah bisa pulang ke rumah lima hari setelah operasi," pungkas dr Takeshi seperti dikutip dari laporannya di The New England Journal of Medicine, Kamis (22/2/2018).

Baca juga: Bukan Benang, Dokter Sebut Kasa Paling Sering Tertinggal di Perut Pasien (fds/up)
News Feed