Minggu, 04 Mar 2018 16:05 WIB

Makan Daging Babi Liar, Para Tamu Pesta Terinfeksi Cacing Parasit

Firdaus Anwar - detikHealth
Daging hewan liar rentan jadi sumber penyakit bila tidak disiapkan dengan baik. (Foto: ABC Australia) Daging hewan liar rentan jadi sumber penyakit bila tidak disiapkan dengan baik. (Foto: ABC Australia)
Jakarta - Sebuah laporan terbaru yang dipublikasi oleh Lembaga Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyebut ada sekelompok orang dari California Utara dirawat karena mengeluh sakit perut, diare, demam, dan muntah-muntah. Penyebabnya adalah penyakit langka bernama trichinosis.

Trichinosis sendiri disebabkan oleh spesies parasit cacing Trichinella yang biasa hidup di otot babi, rubah, beruang, walrus, dan hewan karnivora lainnya. Manusia bisa terinfeksi oleh cacing ini bila mengonsumsi daging terkontaminasi yang tidak disiapkan dengan baik.

Pada kasus di California Utara diketahui orang-orang terinfeksi Trichinella setelah menghadiri sebuah pesta yang menyuguhkan makanan tradisional daging babi. Salah satu hidangannya ada daging babi liar mentah.

Baca juga: Cacing-cacing Parasit yang Pernah Menyerang Penggemar Daging Mentah

"Sebanyak 36 individu yang berpotensi terinfeksi berhasil diidentifikasi. 29 orang di antaranya menghadiri pesta langsung dan tujuh orang lagi mengonsumsi makanan yang dibawa pulang ke rumah," tulis CDC seperti dikutip dari situs resminya pada Minggu (4/3/2018).

Pemeriksaan lebih lanjut mengkonfirmasi bahwa daging babi yang disuguhkan di pesta positif dengan cacing Trichinella.

Beberapa pasien dirawat di rumah sakit tanpa ada laporan komplikasi lanjutan. Petugas kesehatan pun memberikan penyuluhan kepada pihak penyelenggara pesta agar kejadian serupa tidak terulang.

"Beberapa pasien mengatakan bahwa mereka tidak akan mengonsumsi daging mentah lagi; ada satu pasien yang tetap akan makan daging mentah tapi yang ia buru sendiri karena yakin daging mentah dapat memberikan kekuatan," lanjut CDC.

Baca juga: 5 Tanda Kamu Mungkin Punya Cacing Parasit di Perut

(fds/fds)
News Feed