Kamis, 15 Mar 2018 17:34 WIB

True Story

Awalnya Cuma Denyut Jantung Tak Normal, Pria Ini Kena Serangan Stroke

Widiya Wiyanti - detikHealth
Anthony Quek, pasien stroke di Singapura. Foto: Widiya Wiyanti/detikHealth Anthony Quek, pasien stroke di Singapura. Foto: Widiya Wiyanti/detikHealth
Singapura - Hidup sehat dengan tidak merokok, tidak meminum minuman keras, dan juga teratur dalam berolahraga adalah kebiasaan hidup sehat yang dilakuan pria berusia 60 tahun Anthony Quek.

Pengusaha teknik industri di Singapura ini hidupnya hampir sempurna sebelum stroke merusaknya. Pada Desember 2014, Anthony mengaku mengalami stroke untuk pertama kalinya.

Bagaimana bisa seseorang yang menerapkan gaya hidup sehat terkena stroke? Dalam acara Spotlight on Stroke di Carlton Hotel Singapura, ia bercerita bahwa dirinya terbelenggu dalam stres karena pekerjaannya.

"Saya terlalu banyak bekerja, terlalu banyak tekanan dan menjadi stres. Sayangnya diabetes tinggi tapi tidak pernah dicek, tidak teratur minum obat," ujarnya, Selasa (13/3/2018).

Ternyata dokter mendiganosisnya dengan fiblirasi atrium (FA), yaitu irama jantung yang tidak normal membuat adanya penggumpalan darah di jantung.


Ternyata hal ini dibenarkan oleh konsultan senior dari National Heart Centre, Prof Tan Ru San Singapura bahwa faktor risiko terjadinya FA adalah tekanan darah tinggi, diabetes, masalah jantung, dan stres.

Kini Anthony dalam tahap penyembuhan dengan mengonsumsi obat antikoagulan, Rivaroxaban yang berfungsi untuk mencegah terjadinya stroke berulang. Ia juga masuk ke dalam komunitas sesama stroke untuk mendapatkan pengetahuan dan semangat lebih.

"Saya pikir stroke adalah hal yang tidak mungkin saya rasakan. Tapi saya berpikir bagaimana bertahan dengan stroke, bagaimana tidak depresi. Saya harus berkomitmen untuk sembuh," cerita Anthony.

Tekadnya untuk sembuh yang membuatnya sekarang mengalami perubahan cukup signifikan. Ditambah dengan istri yang sangat memberikan perhatian lebih padanya. Ia pun tak ingin ada anggota keluarga yang mengalami hal serupa.

(wdw/up)
News Feed