Minggu, 15 Apr 2018 19:07 WIB

Penampakan Kasus Langka Ada Kuku Ekstra Tumbuh di Jari Tengah

Firdaus Anwar - detikHealth
Ada kuku ekstra yang tumbuh menjorok ke luar di lapisan atas kuku normal. (Foto: Journal of Surgery Open) Ada kuku ekstra yang tumbuh menjorok ke luar di lapisan atas kuku normal. (Foto: Journal of Surgery Open)
Jakarta - Seorang pria di Pakistan dilaporkan dalam International Journal of Surgery Open memiliki kasus unik di mana jari tengahnya memiliki kuku ekstra. Kuku ekstra tersebut tampak tumbuh tepat di bagian atas kuku yang normal sehingga sekilas memberi ilusi seperti ada jari kedua.

Kasus pria tersebut baru diketahui setelah dirinya pergi ke dokter dengan keluhan nyeri pada kuku. Ia juga berpikir bahwa jarinya tampak jelek sehingga memutuskan untuk berkonsultasi.

Pemeriksaan rontgen oleh dokter tidak menunjukkan hal yang aneh. Investigasi lebih jauh menemukan kuku ekstra sang pria terbuat dari keratin, zat sama yang membentuk kuku dan rambut semua manusia.

"Kuku ekstra ini terbuat dari keratin dan menyatu dengan dasar kuku ditunjukkan dari depresi longitudinal yang berhubungan dengan sedikit tonjolan pada kutikula kuku primer... Pengangkatan dengan operasi adalah jalan satu-satunya agar pasien bebas dari rasa sakit dan kekhawatiran kosmetik," tulis para dokter dari Bahawal Victoria Hospital dikutip dari jurnal.

Setelah diberikan obat bius lokal dokter berhasil mengangkat kuku ekstra sang pria. Bentuknya seperti paku kecil ketika disandingkan dengan alat suntik.

Besar kuku ekstra sang pria ketika sudah diangkat.Besar kuku ekstra sang pria ketika sudah diangkat. Foto: Journal of Surgery Open


Dalam catatan tambahan para dokter menyebut bahwa kasus kuku ekstra seperti ini bisa muncul diduga karena alasan genetik. Beberapa kasus sebelumnya menemukan pasien yang punya kuku ekstra pada jempol atau kelingking.
(fds/fds)
News Feed