Rabu, 25 Apr 2018 14:11 WIB

True Story

Bantu Dilan Yuk! Bayi 4 Bulan Ini Luka Bakar 45 Persen Tersiram Santan Panas

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Bayi Dilan dirawat di RSCM sekitar 20 hari lamanya (Foto: lets share) Bayi Dilan dirawat di RSCM sekitar 20 hari lamanya (Foto: let's share)
Jakarta - Suara tangisan bayi terdengar ketika detikHealth masuk ke dalam ruang rawat inap. Dilan Orlando (4 bulan) akhirnya boleh pulang dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo hari ini setelah 20 hari sebelumnya (sejak 5/4/2018) harus masuk IGD dan menjalani operasi untuk menangani luka bakarnya yang mencapai 45 persen. Luka bakarnya berada di sekitaran punggung hingga lengan bagian kiri, namun kini sudah terbalut perban dengan rapi.

Sumiati (37), wanita asal Riau, tidak menyangka kuah santan yang baru saja ia masak bisa tumpah dan mengenai badan putra semata wayangnya tersebut. Dengan mata berkaca-kaca, ia menceritakan bagaimana peristiwa itu terjadi.

"Masak sayur, kuah panas, nggak mendidih banget tapi udah lumayan lama (didiamkan) 30 menit. Dilan di sini (menunjuk bawah), mejanya di sini (ada di sebelah Dilan)," kata wanita yang baru saja pindah ke Priuk bersama suaminya yang berprofesi sebagai nelayan.

Namun, kulit Dilan yang masih bayi tentu masih sangat sensitif. Siraman kuah santan dari panci yang ada di atas meja membuat kulit Dilan melepuh. Dengan segera, Sumiati dan mertuanya membawa Dilan ke Rumah Sakit Umum Daerah Koja, Jakarta Utara, untuk pertolongan pertama. Selanjutnya, Dilan pun dirujuk ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). Karena belum memiliki asuransi kesehatan, Sumiati harus membayar sekitar Rp 70 juta lebih untuk pengobatan Dilan.

Sumiati belum terlalu fasih berbahasa Indonesia sehingga detikHealth dibantu oleh dr Ema Anindia dari Yayasan Let's Share, untuk mengetahui kondisi Dilan lebih jauh.



Kondisi Dilan saat mengalami luka bakar 45 persen akibat siraman kuah santan panas.Kondisi Dilan saat mengalami luka bakar 45 persen akibat siraman kuah santan panas. Foto: let's share


Biaya yang harus dikeluarkan oleh keluarga Dilan mencapai Rp 70 juta lebih, namun sudah berhasil ditutup sebesar Rp 40 juta lebih dari para donatur di Yayasan Let's Share, hingga kekurangan yang dibutuhkan masih berkisar di angka Rp 27 juta. Let's Share juga sudah menginisiasi sebuah make up class untuk membantu penggalangan dana pengobatan Dilan. Semua dana yang terkumpul akan disumbangkan kepada keluarga Sumiati.

Kini, Dilan sedang menunggu operasi kedua. Ia juga tetap harus rutin melakukan kontrol di RSUD Koja untuk memantau perkembangannya.

Bayi Dilan menghabiskan Rp 70 juta untuk operasi luka bakar yang dialaminya.Bayi Dilan menghabiskan Rp 70 juta untuk operasi luka bakar yang dialaminya. Foto: let's share


Ketika ditanya soal harapannya untuk kesembuhan Dilan, Sumiati tertegun cukup lama sebelum akhirnya menjawab, "Biar cepat sembuh, gitu ajalah. Iya saya semangat," tutup Sumiati dengan senyum simpul.

(ask/up)
News Feed