Kamis, 17 Mei 2018 15:25 WIB

Waduh! Ada Cotton Bud Dua Tahun Tersangkut di Telinga

Firdaus Anwar - detikHealth
Cotton bud ini sudah dua tahun tersangkut di telinga. (Foto: Youtube/Caters Clip) Cotton bud ini sudah dua tahun tersangkut di telinga. (Foto: Youtube/Caters Clip)
Jakarta - Untuk membersihkan telinga, beberapa di antara kita mungkin sering memanfaatkan cotton bud untuk mengorek-ngorek kotoran keluar. Nah tahukah kamu bahwa hal tersebut sebetulnya sangat tidak disarankan oleh dokter karena berpotensi memicu masalah.

Contohnya seperti yang dialami seorang pria di Leicestershire, Inggris. Kepada audiolog sang pria mengaku mengalami masalah pendengaran dan kesakitan di dalam telinganya sehabis berenang.



Neel Raithatha yang menangani kasus melakukan pemeriksaan dan menemukan ada kapas cotton bud yang tersangkut di dalam telinga kanan sang pria. Kapas berwarna coklat tersebut terlihat membesar kemungkinan karena menyerap air saat sang pria berenang.

"Untungnya gendang telinga dalam kondisi sehat dan masih utuh sehingga hanya butuh beberapa menit untuk dikeluarkan," kata Neel seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis (17/5/2018).

Menurut pengakuan sang pria kapas cotton bud tersebut kemungkinan sudah dua tahun tersangkut di telinga. Pada tahun 2016 dirinya memang pernah kehilangan kapas cotton bud namun disangka sudah keluar sendiri.

"Prosedur pengangkatan seperti ini butuh kehati-hatian karena posisi cotton bud terdorong ke bagian atas kanan gendang telinga. Saya harus memastikan tidak terlalu memaksa karena gendang telinga bisa dengan mudah sobek," pungkasnya.

Hayo, masih mau bersihkan kuping pakai cotton bud?

[Gambas:Youtube]



(fds/up)
News Feed